Kewirausahaan

Sukses Bukan Hanya Milik Wanita Karier

oleh Citra Narada Putri
Dok: Pixabay


Jangan terkunci dengan konsep bahwa sukses hanya untuk wanita karier. “Apapun pilihan hidup, berkarier atau menjadi ibu rumah tangga (IRT), kita tetap bisa sukses,” tutur Vina Pendit, principal consultant dari Daya Dimensi Indonesia, perusahaan konsultan sumber daya manusia.

Kesuksesan bagi wanita karier mungkin mencapai posisi tertentu, sementara bagi IRT sukses  bisa jadi tentang keberhasilan mengurus urusan rumah tangga atau bahkan memiliki usaha rumahan.

"Fokus saja pada upaya meraih kesuksesan itu. Tak perlu membanding atau saling meremehkan. Karena tiap wanita punya kelebihan masing-masing" ujar Vina.

Walau memiliki tujuan kesuksesan berbeda, menurut Vina, kunci sukses bagi setiap wanita adalah berdaya, yang bisa didapatkan kalau kita saling mendukung. Kita perlu melepas ego merasa lebih baik dibandingkan yang lain, yang bisa menjatuhkan posisi wanita itu sendiri.
 
"Karena keduanya sama-sama berat dilakukan. Tapi bahagialah dengan apapun yang Anda lakukan, sehingga tak ada alasan untuk merasa tersaingi dengan orang lain."

Yang juga perlu diingat, wanita baik yang berkarier di kantor, mengelola bisnis sendiri, dan menjadi ibu rumah tangga, sudah seharusnya saling untuk saling mendukung. Pada dasarnya ada empat cara agar wanita bisa saling mendukung:

1. Zero tolerance pada bullying, bergosip, mendiskriminasi dan menindas orang lain. Karena,  sekali kita mengabaikan, selamanya kita akan membiarkan terjadinya saling menjatuhkan antarwanita.

2. Biasakan berkata-kata positif dan belajar untuk mendengarkan ide dari wanita lain, tanpa harus menghakimi dan tak mengacuhkannya. Jangan merasa terancam dengan gagasan brilian dari wanita lain, kita justru harus mendukungnya.

3. Acuhkan media yang kerap menggambarkan kesuksesan wanita didapatkan dengan saling menjatuhkan.

4. Jangan hanya melihat, membandingkan dan mengukur diri Anda dengan wanita lain. Kuncinya adalah mencintai diri Anda sendiri, dengan begitu maka akan kehilangan minat membandingkan diri dengan orang lain.

Dengan bonding positif antar wanita dengan saling membantu. Percayalah, dunia akan jauh lebih baik. Wanita tidak akan bisa maju, jika kita masih saling melawan satu sama lain. Inilah saatnya tiap wanita saling berpegangan tangan erat, melangkah maju serentak dan meraih kejayaan bersama-sama. Karena, ketika kita memberdayakan satu wanita, kita akan memberdayakan semua. (f)

Baca Juga: 
LAKUKAN INI SAAT BISNIS ANDA GAGAL TERUS
BURNOUT, PENYAKIT YANG MENGHANTUI ENTREPRENEUR
CARA MENEMUKAN PASSION ANDA UNTUK MEMULAI BISNIS





 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article