Kewirausahaan

Dari Catwalk Jadi Pebisnis Paula Verhoeven, Laura Muljadi, Kelly Tandiono, dan Dominique Diyose

oleh Wanita Wirausaha Femina

Foto: dok. Femina
 
Di runway Indonesia saat ini, bisa dikatakan merekalah ratunya. Supermodel yang diperhitungkan di setiap fashion show penting Belasan tahun berkarya di catwalk dan di depan kamera, Laura Muljadi (33), Paula Verhoeven (30), dan Kelly Tandiono (31) telah memberi warna pada industri mode. Kini, mereka sepakat untuk membalas budi pada dunia profesi yang telah membesarkan nama mereka ini.

“Setelah empat belas tahun bekerja di dunia modeling, terpikir keinginan untuk melakukan sesuatu yang lebih berarti,” ungkap Kelly. Keinginan awalnya untuk membuat semacam kursus modeling, kemudian berputar arah ketika ia mendengar kabar bahwa Laura, Paula, dan Dominique Diyose (29) juga punya rencana yang sama.
 
“Mengapa tidak bergabung dan menyatukan kekuatan saja?” kata Kelly.
 
“Betul, karena memang semangatnya sama,” timpal Laura, yang sudah 15 tahun berkiprah di dunia hiburan.
 
Maka, Laura, Paula, Dominique, dan Kelly pun kemudian menyatukan visi dan misi mereka dalam bentuk Supermodels Project. Proyek ini bukan lagi sekadar kursus modeling, tapi ide dan eksekusinya membesar menjadi semacam sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di industri hiburan, termasuk di dalamnya modeling, akting, public speaking, pencarian jati diri, hingga pengetahuan kebudayaan.

Ya, tak hanya modeling, salah satu tujuan Supermodel Project adalah menemukan kemampuan untuk mencari jati diri dan potensi diri. Materi ini ditempatkan di pertemuan pertama dari 11 kali pertemuan reguler murid-murid Supermodels Project.

“Keinginannya adalah mencetak model-model baru yang punya banyak talenta dan punya sikap yang baik. Jadi, bukan hanya tampilannya yang baik, tapi 'isinya' juga baik,” kata Kelly.
 
Dalam rentang sepuluh tahun terakhir, industri fashion Indonesia berkembang sangat pesat, khususnya ketika banyak desainer Indonesia, termasuk generasi mudanya, mulai menampilkan karya mereka di luar negeri. Ini membuka jalan bagi industri mode Indonesia untuk go international. Sesuai dengan semangat pemerintah yang ingin membuat Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia pada 2020.
 
“Imbasnya adalah membuka kesempatan dan peluang juga bagi model-model Indonesia,” kata Laura, yang bakat modelingnya mulai bersinar saat ia kuliah di Belanda.
 
Di satu sisi, Supermodels Project merupakan peluang usaha yang pantas dijajaki. Tapi, di sisi lain, bagi mereka proyek ini bukan proyek cari untung semata, karena ada cita-cita yang jauh lebih mulia.
 
Dari transfer pengetahuan, penyaluran potensi sesuai dengan masing-masing karakter siswa didik, hingga merambah sisi sosial, yaitu ketika seorang model menjadi bagian dari masyarakat yang majemuk.
 
Misi sosial yang terwujud adalah saat audisi perdana Supermodels Project. Mereka tidak tanpa memungut biaya dari peserta, bahkan memberikan beasiswa kepada model yang terpilih.
 
“Dalam perjalanan karier kami, Saya, Paula, dan Dominique pernah diajari ilmu modeling secara gratis, sehingga hati kami tergerak ingin melakukan hal serupa. Kami juga ingin melakukan sesuatu pada dunia yang sudah membesarkan nama kami,” kata Laura. (f)

Baca Juga:
Kiat Berbisnis Sekolah Musik Ala Erwin Gutawa
Untung Menggigit Bisnis Bekal Anak Sekolah

 

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article