Kewirausahaan

Tiga Hal Penting dalam Mencari Mitra Bisnis Menurut Lucy Wiryono, pemilik Holycow Steakhouse

oleh Wanita Wirausaha Femina

Foto: Dok. Pribadi
 
Menyebut salah satu pebisnis kuliner yang sempat menjadi fenomena adalah Lucy Wiryono, yang menggagas Holycow. Betapa tidak, saat Holycow dibuka, di Jalan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Desember 2009, steak wagyu dengan harga terjangkau langsung menjadi buah bibir masyarakat. Saat itu untuk menikmati sajian steak yang empuk dan lezat,  harus rela antre lama.

Saat itu Lucy berpartner dengan chef Afit Dwi Purwanto  yang merupakan suaminya, dan dua partner lainnya. Namun, dalam perjalanannya, bisnis yang didirikan oleh empat orang ini pecah kongsi.  Afit dan Lucy memilih nama Holycow! Steakhouse by Chef Afit, sedangkan dua partner lainnya mengusung nama Steak Hotel by Holycow.
 
Sebetulnya, faktor apa yang paling penting saat mencari partner  bisnis? “Menurut saya, perlu visi yang sama, work ethics yang sejalan, dan kejujuran. Tanpa ketiga hal tersebut rasanya partnership akan sulit bertahan lama. Hal yang juga menunjang sebuah partnership bisa berhasil adalah komunikasi yang baik dan  hati yang lapang serta  tidak gampang panas,” ujar Lucy.

Lucy melihat, sama halnya dengan menjalani bisnis itu sendiri, begitu pula  dalam mencari partner. Tidak pernah ada jaminan bisnis itu akan berhasil, tidak juga pernah ada jaminan bahwa kita akan mendapat partner bisnis yang sempurna dan langgeng seterusnya.

“Mau memilih partner dari teman dekat, saudara, atau bahkan sengaja memilih orang yang tidak dekat pun, semuanya mempunyai peluang untuk berhasil, juga berpeluang untuk pecah kongsi. Tapi, paling tidak kita bisa mem-filter dari kriteria yang kita buat,” tutur Lucy, yang kini mengembangkan sayap dengan membuka Loobie Lobster and Shrimps dan The Holy Ribs.

Kesamaan visi dalam menjalankan usaha tentu jadi faktor penting dalam memilih partner. Tapi, buat Lucy, yang terpenting adalah kejujuran dan keterbukaan. (f)
 

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article