Kewirausahaan

Turnaround: Dari Rugi Menjadi Untung

oleh Gilang Gumilang

Menurut Nur Kuntjoro, Former COO Tupperware Indonesia, turnaround adalah proses pengubahan atau perbaikan kinerja perusahaan dari kecenderungan menurun menjadi menanjak. Termasuk di antaranya, proses pengubahan dari posisi loss menjadi profit, dari posisi merugi menjadi laba.

Tapi dari mana turnaround ini mesti dimulai? Ternyata harus diawali dari diri pimpinan perusahaan itu sendiri. Pemimpin perusahaan harus terjun sendiri, karena jika tidak, mustahil kerugian perusahaan bisa dihentikan, sehingga mustahil pula keuntungan perusahaan bisa diciptakan. Karena itu, langkah pertama adalah membangun komitmen pemimpin perusahaan -ya, komitmen yang 100 persen. Tidak boleh kurang!

Pimpinan perusahaan juga harus memiliki determinasi kuat dan tak tergoyahkan karena ia akan menjadi poros penggerak roda perusahaan. Apabila poros penggerak memiliki energi yang kuat maka roda akan berputar. Jadi, setiap pemimpin perusahaan harus memiliki tekad, passion, dan hasrat yang tak tergoyahkan, barulah langkah-langkah berikutnya bisa diambil. 

Ada alasan besar mengapa spirit ini harus dimiliki pemimpin perusahaan, yaitu, karena sebenarnya ia juga hanya memilki satu pilihan, yakni membalikkan kondisi perusahaan dari posisi merugi ke posisi profit. Tidak ada pilihan lain. Oleh karena itu, musnahkan pikiran gagal. Pusatkan seluruh perhatian dan berjuanglah habis-habisan. Jangan menyerah sebelum berhasil.

Dikutip dari buku: Thinking Out of The Box For Profit

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article