Kisah Sukses

Inilah Rahasia Sukses Carissa Putri Menjalankan Bisnis Restoran

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Des
 
Sejak tiga tahun lalu, aktris Carissa Putri (33) mulai berbisnis kuliner. Bersama kakak iparnya, ia mendirikan sebuah restoran yang menawarkan makanan khas Betawi bernama Ajag Ajig yang berada di Jakarta Pusat.
 
Beragam menu khas Betawi pun ditawarkan oleh Carissa seperti asinan betawi, ketoprak, soto mi, karedok, gado-gado. Serta minuman berupa es doger, es teler, es cincau, dan bir pletok.
 
Ia mengakui bahwa motivasinya berbisnis kuliner bukan karena ikut-ikutan seperti bisnis kue para artis yang sedang tren saat ini. Tapi, Carissa berbisnis karena memang menyukai masakan Indonesia dan juga sebagai media baginya untuk belajar tentang wirausaha.
 
Pada dasarnya, pemeran Maria Girgis dalam film Ayat-Ayat Cinta (2008) ini tidak memiliki pengetahuan tentang bisnis kuliner. Ia justru banyak belajar tentang manajemen restoran ketika bisnisnya sudah berjalan. Itu pula yang membuatnya tetap terlibat secara langsung dalam menjalankan bisnisnya.
 
“Saya memilih untuk mengatur sendiri seperti menghitung cost, dan juga menentukan standar sebuah restoran. Memastikan kebersihan tempat dan makanan higienis,” katanya di sela sebuah acara di Jakarta, Selasa (6/2/2018).
 
Minimal sekali hingga dua kali seminggu ia datang mengontrol operasional restorannya di sela kesibukan jadwal syuting serta mengurus keluarga dan merawat anaknya, Quenzino Acana Naif (4).   
 
Selain itu, ia sendiri yang mewawancara karyawan, serta ikut menentukan menu yang akan ditawarakan kepada kosumen.

Mengingat restorannya berada di area perkantoran, Carissa menyediakan paket menu yang tidak terlalu mahal bagi karyawan atau pegawai di kantor pemerintahan. Salah satu paket menu yang disediakan adalah paket makan siang seharga Rp35 ribu yang terdiri atas makan dan minuman. 

Dari segi pemasaran, Carissa menggunakan media sosial khususnya Instagram serta mencetak spanduk dan standing banner untuk mempromosikan menu atau paket terbaru. (f) 

Baca Juga:

Ide Resep Sayap Ayam Untuk Bisnis Kuliner

Untuk Para Pebisnis Kuliner, eBook Food Safety, Memastikan Makanan Aman Dikonsumsi

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article