Kisah Sukses

Kisah Sukses: Dewi Kusuma, Pemilik Naked Press, Jus Kemasan Rumahan Sarat Nutrisi

oleh Novita Permatasari

Foto: Dok. Pribadi
 
Keinginan berbisnis minuman kemasan rumahan ini dialami Dewi Kusuma (33), pemilik produk minuman cold-pressed juice merek Naked Press. Sempat kuliah di jurusan marketing, Dewi memperhatikan pasar minuman jus yang dibuat berdasarkan ilmu nutrisi  kini cukup terbuka di Indonesia.
Untuk mewujudkan ide bisnisnya, Dewi kemudian membentuk tim nutrisi untuk membimbingnya meracik komposisi 500 g  buah dan sayur segar dalam sebotol Naked Press. Agar ilmunya terus bertambah, Dewi mengaku juga banyak membaca buku soal nutrisi. “Sebisa mungkin kami mengambil bahan organik, tetapi memang cukup sulit karena jumlahnya belum banyak di Indonesia. Meski nonorganik, sayur dan buah yang kami pilih tetap yang terbaik dan langsung dari petani,” kata Dewi.

Atas saran tim nutrisi juga, Dewi menerapkan sistem triple washing untuk semua bahan-bahan agar kebersihannya tetap terjaga. Teknik pencucian itu menggunakan air mineral yang lolos tes uji laboratorium untuk membunuh bakteri dan residu kimia. Semua minuman juga diolah dalam suhu ruangan 17º C - 25º  C agar proses pembuatan jus hingga memasukkannya ke dalam botol tetap terbebas dari bakteri. Tak heran, banyak social media influencer, seperti Ayla Dimitri dan Diandra Gautama, yang menjadi pelanggan tetap jus rumahan seharga Rp40.000 per botol, ukuran 330 ml,  ini.

Dewi, dengan minuman sayuran dan buah yang hanya tahan 2-3 jam di suhu ruang, juga memanfaatkan kekurangan produknya sebagai modal promosi. “Memang cukup sulit mengedukasi masyarakat yang sudah terbiasa dengan minuman produksi pabrik yang mengandung pengawet. Tetapi, bukan berarti tidak bisa dilakukan,” ujarnya.

Justru, dengan mempertahankan kualitas yang berkonsep fresh juice, usahanya yang gencar dipromosikan lewat akun Instagram @nakedpressjuicery ini malah mendapatkan kenaikan omzet yang signifikan. Selain menjual produk, ia juga turut mengajak orang untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi minuman segar tanpa bahan pengawet.

Kiat bisnis dari Dewi: Temukan dulu passion yang akan membantu Anda melewati masa yang sulit nantinya. Selain itu, jaga kepercayaan konsumen. Manfaatkan media sosial untuk menyampaikan pesan-pesan secara konsisten. Untuk mengedukasi tentang produk atau promosi kampanye hidup sehat misalnya, jangan malas membaca dan berkonsultasi dengan pakar terkait seperti ahli gizi dan praktisi kesehatan. Terakhir, perluas koneksi untuk mendapatkan rekomendasi penyedia bahan berkualitas baik, seperti petani atau suplier. (f)

 

Novita Permatasari
-
Share This :

Trending

Related Article