Kisah Sukses

Kisah Sukses: M. Reza Hamami Syah, Selalu Mengutamakan Kualitas Pengolahan untuk Rays Bottle of Joe

oleh Novita Permatasari

Foto: Dok. Pribadi
 

 
Bisnis minuman kemasan rumahan menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas kini  makin menjamur. Mulai dari kopi, jus buah, hingga minuman tradisional seperti jamu, tidak sedikit yang memasang label homemade. Rata-rata, dengan modal Rp30 juta, bisnis ini sudah bisa dijalankan.

Kesuksesan juga dialami oleh M. Reza Hamami Syah (38). Pria pencinta kopi itu merintis bisnis minuman kopi kemasan bernama Rays Bottle of Joe sejak Agustus 2014, dengan modal Rp25 juta. “Meski konsepnya minuman kemasan, kami  memasang label premium. Bahan-bahannya kami pilih yang terbaik. Kopi dibeli langsung dari supplier ternama, dan semua siropnya, mulai dari pisang hingga vanilla, kami  buat sendiri,” jelas Reza. Rays Bottle of Joe, yang dijual dengan harga Rp65.000  untuk botol 250 ml, saat ini sedang dalam proses pendaftaran P-IR. Targetnya, tahun depan sudah bisa mendapatkan label dari BPOM dengan skala produksi lebih besar.

Reza selalu memastikan botol minumannya dibersihkan dengan baik. “Kami membersihkan  tiap botol minuman dengan dicuci menggunakan air panas, kemudian kami aplikasikan cairan antibakteri untuk melindungi botol agar tetap steril,” jelas pria yang berlatar belakang pendidikan fisika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia, ini. Reza juga menerapkan peraturan bagi tujuh karyawannya untuk selalu berpakaian bersih, mengenakan headcap dan masker ketika berada di ruang pengolahan kopi yang terletak di dalam rumahnya.  

Reza pun mengakui produknya tidak tahan lama. “Untuk latte yang menggunakan susu, tidak bisa dilakukan pengiriman jarak jauh. Saya khawatir, saat produk sampai  di tangan konsumen, sudah tidak layak minum atau kualitasnya menurun,” ujarnya.

Kabar baiknya, ia sudah menemukan solusi untuk pengiriman ke luar Jawa. Namun, masih tersandung biaya yang cukup tinggi. Sambil mempersiapkan biaya tersebut, untuk sementara produknya menggencarkan promosi di area cakupan Jabodetabek serta melakukan edukasi tentang rasa dan jenis kopi lewat berbagai  bazar maupun media sosial. Bekerja sama dengan petani kopi, produk yang dijual lewat akun Instagram @raysbottleofjoe ini sudah terjual hingga 800 botol.
 
Kiat Bisnis dari Reza:
Bagi Anda yang baru akan membangun usaha, pelajari dengan baik proses pengolahan minuman hingga bisa dikemas di dalam botol. Pengetahuan itu krusial. Konsep usaha juga sebaiknya dimatangkan dengan visualisasi yang menarik. Misalnya, pastikan konsep packaging dan promosi di media sosial sejalan. Jangan lupa, daftarkan merek Anda ke instansi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). (f)
 

 

Novita Permatasari
-
Share This :

Trending

Related Article