Kisah Sukses

Tyas Ajeng Nastiti, Promosi Sepatu Klastik Footwear Lewat Google My Business

oleh Novita Permatasari

Foto: Novita Permatasari

Wanita yang akrab disapa Tyas (20) ini merupakan alumni dari jurusan DKV ITS (Institut Teknologi Sepuluh November). Bersama rekannya Alifta Ainin Qalbi, ia menjalankan bisnis sepatunya yang diberi nama Klastik Footwear di 2011.
 
Produknya terdiri atas berbagai jenis sepatu, mulai dari flat shoes, high heels, hingga wedges, semuanya menggunakan kain tenun dan batik sebagai aksen di sepatu. Beberapa kain yang digunakan berasal dari Jawa dan Nusa Tenggara Timur. Kelebihan dari Klastik adalah melayani pembuatan sepatu secara personal, sehingga ukuran sepatu bisa pas di kaki.
 
Tantangan terbesar baginya adalah bagaimana produknya bisa dipercaya dan dilirik oleh pembeli lewat jaringan internet. Kemajuan teknologi diakui Tyas telah membantu usahanya dalam menjangkau pasar yang luas dan meningkatkan animo masyarakat untuk melestarikan tenun dan batik.
 
“Saya menggunakan Google My Business agar Klastik bisa lebih mudah ditemukan calon pelanggan. Produk saya yang sebelumnya hanya berputar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali saja, saat ini sudah bisa menjaring pasar internasional,” jelas Tyas.
 
Kini pelanggannya bahkan sudah merambah ke luar negeri, seperti Tiongkok dan Eropa. Klastik Footwear saat ini bahkan telah memiliki reseller di Malaysia. Tyas berharap UKM di Indonesia juga memanfaatkan fasilitas teknologi yang sudah ada agar produk Indonesia juga dapat bersaing di pasar internasional. (f)

 

Novita Permatasari
-
Share This :

Trending

Related Article