Kisah Sukses

Yuli Tan, Yogi yang Wujudkan Makanan Vegetarian Tapi Enak!

oleh Trifitria S. Nuragustina



Di daerah Kuta Utara, Bali, sebuah rumah yoga, Nataraja Bali Yoga Shala, bersanding apik dengan  restoran sederhana, Vedic Kitchen. Mengambil nama dari bahasa Sanskerta kuno, vedic, secara harfiah diterjemahkan sebagai ‘knowledge’ atau pengetahuan.
 
Vedic adalah era di zaman India kuno (1500 – 500 tahun sebelum Masehi) yang memiliki filosofi tersendiri dalam urusan bersantap. Di era tersebut bahan-bahan makanan diperoleh dari area sekitar dan diolah secara alami untuk kesehatan.

 


Pengetahuan tentang diet di era Vedic menjadi dasar konsep pengolahan makanan di sini. Tiap hari, Yuli Tan dan Nilesh R. Tiwari, kedua pemilik yang merupakan partner bisnis dan instruktur yoga, berkelana ke pasar mencari bahan segar. Baru tahun ini mereka hijrah ke Bali, untuk membuka studio yoga dan rumah makan vegetarian tersebut. Di Jakarta, Jakarta Ashtanga Yoga Shala milik mereka di bilangan Dharmawangsa sudah cukup terkenal.

Gaya masak India Utara dipelajari Nilesh dari ibunya sejak usia dini. Sedangkan Yuli, pernah menimba ilmu di India dari Sandhya Vasudeva, praktisi yoga di India yang menyajikan sajian dengan paham serupa.

Menu berganti  tiap hari, sesuai ketersediaan. Beberapa bahan makanan juga diproduksi sendiri, seperti ghee, paneer, dan yoghurt.


“Kami berusaha semampunya untuk menghindari bahan pabrikan yang biasanya mengandung pengawet,” ujar Nilesh.

Kini, keberadaan Vedic Kitchen menjadi salah satu yang lekas mencapai popularitas di kalangan peminat makanan sehat. Racikan yang nikmat, tidak bercita rasa aneh di lidah awam, serta adanya kedua sosok di tempat ini menjadi rahasia sukses bisnis. Apalagi, belanja setiap hari juga masih dilakukan mereka sendiri. Di tengah persaingan, Yuli memodali bisnis makanannya dengan hati, sesuai filosofi hidup makan sehat dan keinginan berbagi inspirasi. (f)

Baca juga:
5 PILIHAN KEDAI KOPI DAN KAFE DI PERTH PALING INSTAGRAMABLE
STEFANIE KURNIADI: BERTANYALAH KE KONSUMEN SEBELUM MENENTUKAN HARGA PRODUK
 

 

Trifitria S. Nuragustina
-
Share This :

Trending

Related Article