Liputan

Kisah Sukses Berry Kitchen: Bisnis Katering Online Dengan 3.500 Pesanan Tiap Hari

oleh Gilang Gumilang


 
Cynthia Tenggara menganggap bahwa dirinya adalah koboi saat membuka bisnis. “Saya hanya ingin memulai bisnis sendiri, berupa start up, dan saat itu belum tahu pilihan bisnisnya. Ketika akhirnya tertarik dengan bisnis kuliner, saya memulainya tanpa memikirkan detilnya,” katanya seraya tertawa,”learning by doing, trial and error. Banyak error-nya juga.”

Ditemui pada gelaran Community Meet-Up Wanita Wirausaha Femina – Social Media Week Jakarta 2017, Cynthia yang berkibar dengan Berry Kitchen mesti melayani antara 2500 – 3500 pesanan setiap harinya, dalam 40 menu yang bisa dikombinasikan oleh para pelanggannya. Yup, jumlah yang fantastis dan melibatkan uang yang banyak.

Tentu jika kita membayangkan restoran biasa, jumlah pesanan yang ribuan dengan kombinasi 40 menu akan sangat merepotkan, namun karena dukungan teknologi semuanya terasa ringan dan mudah. “Ya, setiap jam 4 sore pesanan ditutup. Tanpa perlu merekap lagi, sistem sudah merangkum berapa capcai yang harus dimasak atau berapa ayam yang harus digoreng. Kemudian, pesanan ini menempel pada label yang sudah berisi nama pemesan dan alamatnya. Begitu jelas dan mudah, sehingga tidak ada bahan makanan yang terbuang.”

Meski demikian, teknologi juga menyimpan jebakan-jebakannya tersendiri. Misalnya jika ada kasus konsumen yang kecewa. “Nah, ini persimpangan buat kita karena tidak mungkin produk kita selalu perfect. Jadi, jika kita melayani keluhan customer secara benar, umumnya mereka akan senang bahkan menjadi duta Berry Kitchen. Tapi jika kita melayani keluhan pekanggan secara minimal, reputasi Berry Kitchen dipertaruhkan karena hal buruk lebih mudah viral.”

Itu sebabnya, Berry Kitchen yang awalnya hanya memiliki 3 pegawai dan kini memiliki 170 pegawai (dalam kurun waktu 5 tahun), mendidik semua customer service bahkan semua karyawannya untuk menjadi orang-orang yang memberi solusi pada pelanggannya. Keren! 

 

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article