Liputan

Bisnis Go Online, 4 Kali Lebih Besar untuk Berkembang Pesat

oleh Citra Narada Putri

Dok. CIT


Dalam temuan International Finance Corporation (2016), pelaku usaha wanita mendominasi industri usaha mikro dan kecil hingga mencapai angka 51 persen di Indonesia. Lebih dari itu, 34 persen bisnis ukuran menengah, juga dimiliki oleh wanita. Hanya saja sayangnya, 47 persen pelaku usaha masih jarang memanfaatkan teknologi seperti komputer dan internet dalam mengembangkan bisnis mereka.
 
Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, menyadari betul pentingnya internet yang bukan hanya untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari, tapi juga untuk mengembangkan bisnis.
 
“Para UKM yang menggunakan internet untuk memasarkan produknya, empat kali lebih besar dalam mengembangkan bisnisnya. Bahkan bisnis itu tak hanya dikenal di tempatnya dibangun, tapi juga di luar domisili lokasi tokonya hingga dikenal secara internasional,” cerita Veronica Utami, Head of Marketing  Google Indonesia.
 
Inilah yang akhirnya membawa Google untuk tak hanya jadi platform informasi digital, tapi juga wadah bagi para pelaku usaha untuk berjejaring dan mengembangkan bisnis. Dalam acara ‘Google untuk UKM’ yang diadakan di Pasar Mayestik, Jakarta (9/8), Google menunjukkan pentingnya internet untuk mendorong pemasaran produk para pelaku bisnis.
 
Google tak hentinya mengembangkan program-program yang dapat mendorong pelaku usaha kecil dan menengah untuk terus tumbuh dan berkembang. Misalnya saja seperti Google Bisnisku (sebagai platform etalase yang berisikan informasi bisnis secara lebih lengkap), Google Ads (platform untuk beriklan lebih masif) hingga Gapura Digital (program pelatihan dan edukasi digital yang mengajarkan para pelaku bisnis memanfaatkan internet sebagai media pemasaran secara lebih mendalam).
 
Fitur-fitur ini pun menjadi penting digunakan oleh pelaku UKM agar bisnis mereka lebih dikenal luas, memudahkan mereka berinteraksi dengan pelanggan, memahami target pasarnya, dan yang terpenting beberapa program ini dapat diakses secara gratis.
 
Dalam perjalanannya mengedukasi jutaan UKM untuk go online, Google tak bekerja sendirian. Beberapa instansi, lembaga dan komunitas pernah digaet untuk menarik perhatian para pelaku UKM agar lebih melek digital. Salah satunya yang sukses adalah kerjasama dengan Femina melalui komunitas Wanita Wirausaha yang menggelar acara Womenwill di sejumlah kota pada tahun 2017 lalu. (f)

Baca Juga :
KONFERENSI GOOGLE WOMENWILL MAKASSAR: DORONG DAN BIMBING WANITA WIRAUSAHA UNTUK BERKEMBANG DENGAN TEKNOLOGI
GOOGLE WOMENWILL BALI: SEIMBANGKAN KUALITAS PRODUK DENGAN PENGETAHUAN DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL
PEBISNIS ONLINE, SELAIN GOOGLE ANALYTICS ANDA PERLU TAHU DATA DARI SINI JUGA
 

 
 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article