Liputan

Masterclass Wanwir-Kedai DBS: Cerdas Manfaatkan Kanal Media Sosial untuk Bisnis

oleh Citra Narada Putri

Foto: Yani Lauwoie
 
Sabtu (12/11) lalu, 75 peserta Wanita Wirausaha Femina siap menyerap ilmu di Masterclass Femina dan Kedai DBS, kolaborasi bersama Bank DBS Indonesia yang mengangkat tema Kekuatan Content Marketing untuk Bisnis.
 
Peserta yang hadir datang dari usaha lintas bidang; ada yang berbisnis kuliner modern ataupun tradisional, busana, aksesori hingga jasa interior rumah. Pun, usia para peserta tak terbatas pada pebisnis yang sudah matang, karena tampak di sudut ruangan para pebisnis muda yang tak mau ketinggalan menimba ilmu berbisnis di dunia yang serba digital ini.
 
Acara dipandu oleh Sabrina Ayu Rosandhy (Pemenang Favorit Wajah Femina 2014) dan dibuka oleh Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Komunitas Femina, Petty S. Fatimah.  “Kini. semua orang sudah lihai menggunakan media sosial sebagai media untuk berbisnis tapi pemanfaatannya belum maksimal. Padahal, banyak cara untuk menarik perhatian konsumen lewat konten yang menarik,” ujar Petty.  
 
Salah satunya dengan melatih kemampuan storytelling. Menurut konsultan bisnis digital Abang Edwin, strategi bercerita melalui percakapan dengan calon konsumen dapat mengirimkan pesan lebih ampuh dibandingkan sekadar promosi di media sosial tanpa ada komunikasi dua arah.
 
“Kendati demikian, kita harus tetap mengutamakan etika dan lebih berhati-hati ketika berkomunikasi secara daring, karena pesan teks lebih riskan disalahpahami dibandingkan komunikasi langsung atau tatap muka,” ujar pria yang akrab dipanggil Bang Win itu.
 
Strategi bercerita untuk mempromosikan bisnis bukan sekadar soal membangun engagement dengan calon konsumen. Desy Bachir, pakar pemasaran digital menekankan, kurasi konten sama pentingnya dengan engagement.  
 
Konten tidak perlu muluk-muluk, tapi harus disesuaikan dengan target pasar bisnis Anda atau pilihlah konten yang dekat dengan pelanggan. “Di era ini, medium video bisa banyak membantu memasarkan produk Anda. Sebelumnya, tentukan tujuan pembuatan video promosi: untuk mengedukasi, menginspirasi atau menghibur?” tegas Desy.  
 
Langkah selanjutnya adalah memastikan pesan Anda sampai kepada publik. Dengan jejaring yang tepat, bisnis Anda akan semakin berkembang. Steffano Ridwan, Direktur SME Banking dari Bank DBS Indonesia mengemukakan caranya, manfaatkan aplikasi digital untuk merangkul sasaran sasaran pasar yang lebih luas. Salah satunya, aplikasi DBS Business Class dengan 1000 member di Indonesia dan 20.000 member di Asia. Anda dapat terhubung dengan sesama pelaku bisnis yang lain di seantero negeri.
 
Semangat peserta tak ada habisnya. Tak mau rugi datang ke acara Masterclass Wanita Wirausaha yang rutin diadakan, para pembicara dibanjiri pertanyaan seputar bisnis. Di antaranya, bagaimana menghadapi calon pelanggan yang menyebalkan, seberapa efektif metode storytelling untuk menjaring konsumen, hingga durasi ideal dalam membuat video untuk promosi produk. Sungguh Sabtu yang produktif! (f)

 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article