Marketing & Services

7 Tip Memasarkan Bisnis Secara Efektif di Pameran Dagang

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Femina

Tak dipungkiri, hingga kini trade show atau pameran dagang masih menjadi salah satu sarana promosi produk terbaik. Terutama untuk pebisnis yang tengah melebarkan sayap ke pasar internasional. Karena di sini, tidak hanya memperkenalkan produk kepada publik, Anda juga bisa melihat potential buyer untuk pengembangan bisnis.
 
Kini, trade show berskala nasional dan internasional pun hadir sepanjang tahun. Tinggal memilih pameran mana yang sesuai dengan produk dan target market bisnis Anda. Manfaatkan kesempatan pameran sebaik-baiknya untuk mempromosikan bisnis, merek, produk, dan layanan Anda. Pameran juga menjadi ajang untuk berinteraksi dan tatap muka dengan pelanggan atau calon pelanggan.
 
Sebelum benar-benar ikut pameran, baca dulu 7 tip memasarkan bisnis secara efektif di pameran dagang:
 
1/ Lakukan Penelitian
Lakukan penelitian kecil-kecilan untuk menentukan pameran terbaik untuk bisnis Anda. Cari tahu rincian tentang pameran tersebut, seperti jumlah peserta, target pengunjung, hingga jumlah pengunjung di tahun sebelumnya. Mengikuti sebuah pameran dagang bisa mahal biayanya, jadi pastikan Anda meneliti semua secara rincian, termasuk mengukur pameran dagang mana yang akan menghasilkan laba investasi tertinggi.
 
2/ Daftar Secepatnya
Kini, hampir semua pameran menyediakan laman pendaftaran online untuk pesertanya. Jika Anda sudah menemukan pameran mana yang akan diikuti, segeralah mencari informasi tentang pendaftaran dan lakukan pendaftaran segera. Beberapa penyelenggara pameran biasanya menawarkan diskon jika Anda melakukan pendaftaran lebih cepat. Bisa menghemat bujet promosi kan.
 
3/ Apa tujuan ikut pameran?  
Apa tujuan Anda di pameran yang berlangsung tiga hari hingga seminggu tersebut? Mengejar penjualan, hanya sekadar branding, atau mencari calon pembeli baru? Tetapkan tujuan yang ingin Anda capai, lalu buat strategi untuk mencapainya. Koordinasikan dengan karyawan yang bertugas menjaga pameran agar ia tahu apa yang harus ia capai dari pameran tersebut. Tidak melulu terkait dengan konsumen, tujuan pameran juga bisa melihat kompetitor dan positioning produk Anda.
 
4/ Curi Perhatian
Ajak orang untuk datang ke stan Anda dengan melakukan hal-hal interaktif. Stan yang menarik sudah pasti akan mendatangkan pengunjung untuk melihat-lihat. Namun, membangun stan yang menarik juga butuh biaya besar. Jika bujet Anda terbatas, desain stan dengan sederhana namun sesuai dengan konsep produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa menggunakan spanduk, layar sentuh atau signage yang menarik perhatian. Bagi-bagi hadiah juga bisa meningkatkan lalu lintas pengunjung ke stan Anda.
 
5/ Promosikan Stan Anda
Iklankan kehadiran Anda di sebuah pameran melalui website, email resmi kepada klien dan calon klien, blog, hingga media sosial. Jika Anda berencana mengadakan lomba berhadiah, pastikan untuk mengiklankannya juga. Biarkan semua orang tahu di mana keberadaan stan Anda sehingga mereka dapat menemukannya dengan mudah.
 
8/ Stock Produk dan Materi Promosi
Pastikan Anda memiliki stock produk yang cukup banyak. Termasuk juga materi promosi seperti flyer dan kartu nama. Jika Anda akan bagi-bagi hadiah, hitung dengan teliti berapa hadiah yang akan Anda berikan dalam sehari, perhatikan jumlahnya. Selain itu, pastikan semua staf yang ada di stan memiliki pengetahuan tentang perusahaan, produk dan layanan saat ini dan terbaru, tren pasar, dan pesaing, sehingga mereka dapat melakukan percakapan dengan calon pelanggan.
 
7/ Segera follow up
Usai pameran, segera lakukan follow up pada pelanggan dan calon pelanggan yang sudah datang berkunjung ke stan Anda. Itu sebabnya, penting untuk meletakkan buku tamu atau bowl tempat kartu nama pengunjung di tempat yang terlihat dan mudah dijangkau. Selama pameran, jangan ragu untuk meminta kartu nama pengunjung yang Anda anggap bisa menjadi potential buyer. Semakin cepat Anda follow up, ia akan lebih mengingat brand dan produk Anda, sekaligus menunjukkan keseriusan Anda dalam bisnis. (f)

Baca Juga: 
SIAP IKUT PAMERAN INTERNASIONAL
STRATEGI MARKETING DI BALIK LIP KIT BY KYLIE JENNER
5 LANGKAH EFEKTIF UNTUK STORYTELLING MARKETING





 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article