Marketing & Services

Cara Murah Untuk Promosikan Bisnis Kecil Anda (bag 1)

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pexels

Anda baru saja membuka usaha tas dan kaos untuk target market ibu-ibu dan sedang dalam proses untuk mengenalkan produk Anda ke pasar?  Memasarkan bisnis memang menjadi tantangan bagi semua pemilik bisnis, terutama bisnis kecil. Namun, memasarkan bisnis tidak berarti harus mengeluarkan banyak dana.

Lalu, bagaimana caranya agar konsumen mengetahui dan membeli produk Anda dengan bujet promosi yang minimal?
 
1/ Yang pertama adalah buatlah rencana marketing.
Anda akan menghambur-hamburkan banyak waktu dan biaya jika aktivitas marketing Anda sangat random dan tidak terstruktur. Kunci sukses, entah itu bisnis besar maupun mikro, adalah bagaimana kita bisa mendesain strategi marketing sebelum memulai eksekusinya.
 
Mulailah dengan mengindentifikasi siapakah konsumen Anda, dan mulailah menyusun langkah-langkah untuk meraih mereka. Buatlah sespesifik mungkin. Misalnya, di manakah target konsumen Anda bermain sosial media? Facebook, Instagram, Twitter, Youtube atau Pinterest? Bagaimana dengan peluang untuk mempromosikan bisnis Anda lewat komunitas, dan komunitas apa saja yang bisa Anda masuki? Tulis semua kemungkinan, termausk jawaban dalam satu worksheet sebelum Anda memulai mencari datanya.
 
2/ Jika belum memiliki website, mulailah membuat.
Memiliki website adalah penting untuk marketing bisnis. Tergantung apa yang Anda jual, selain menjadi katalok dan tempat bertransaksi, website akan memberi Anda data konsumen yang bisa Anda olah untuk membuat strategi bisnis ke depan.
 
Jika Anda belum bisa membayar pihak lain untuk membuat website, gunakan platform gratisan misalnya Google My Business yang bisa menjadi 'toko online' Anda.
 
3/ Membuat blog
Sebuah blog, atau apapun yang berbentuk artikel di site Anda memiliki dua fungsi yaitu untuk memberikan informasi kepada konsumen dan calon konsumen, dan kedua adalah memungkinkan Anda untuk ditemukan search engine.
 
Anda tidak perlu menjadi penulis professional untuk mengoperasikan blog. Tulis saja semua informasi untuk konsumen yang bisa membantu mereka untuk mendapatkan informasi yang lengkap, mengapa mereka harus membeli produk Anda.
 
4/ Gunakan SEO dasar.
SEO atau search engine optimization, dalam kata lain adalah bagaimana membuat web Anda bisa ditemukan oleh search engine dan akan masuk ke mesin pencarian ketika seseorang memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
 
Meski banyak perusahaan menghabiskan banyak dana untuk SEO, namun ada hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri untuk website Anda:
  • Gunakan judul yang berbeda di setiap halaman di website Anda
  • Gunakan frasa-frasa yang biasa digunakan orang saat mencari sesuatu. Sebuah riset menemukan, bahwa kebanyakan orang mengetik di mesin pencari adalah dalam bentuk pertanyaan. Misalnya, bagaimana cara membersihkan sepatu. Bagaimana membuat bunga anggrek tidak lekas layu, dan lain sebagainya.
  • Masukkan nama bisnis, lokasi dan nomor telepon di setiap halaman dalam website Anda.
5/ Buat profil bisnis di sosial media
Orang Indonesia paling suka belanja di sosial media, terutama saat ini adalah Instagram. Pastikan Anda memiliki profil bisnis di sosial media yang sesuai dengan profil konsumen Anda. Jangan lupa menyertakan deskripsi yang baik, keywords dan link ke website Anda di sosial media.
 
6/ Membuat Business Card
Masih belum memiliki business card? Buatlah sekarang juga. Kartu nama, termasuk kop surat maupun amplop yang bertuliskan nama bisnis Anda, akan membuat bisnis Anda tampil lebih serius. Jangan lupa mencantumkan nama website Anda dalam business card serta handouts apapun yang Anda buat. Masukkan juga sosial media utama bisnis Anda, dan profile link jika memungkinkan.
 
7/ Berikan business card ke tangan orang yang pasti bersedia membantu Anda
Konsumen sebuah bisnis kecil biasanya adalah orang-orang terdekat pemiliknya. Karena itu, jangan segan untuk menelepon keluarga, teman-teman baik, dan mengatakan kepada mereka bahwa Anda kini membuka bisnis. Kunjungi mereka dan berikan business card yang bisa mereka bantu sebarkan ke teman-teman mereka. karena itu, di sinilah pentingnya menjalin networking yang baik dengan orang-orang di sekeliling kita. Jangan sampai kita datang ke mereka saat hanya membutuhkan saja. (f)

Baca Juga:
Sedang Butuh Ide Segar Untuk Bisnis? Coba Ajukan 6 Pertanyaan Ini
Tauco Cap Meong Dari Cianjur, Eksis Selama 4 Generasi



 
 
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article