Marketing & Services

Ini Rahasia Sukses Chizukek, Cheesecake Jepang Premium Besutan Andy Ferwandy dan William

oleh Daniel Marpaung

Foto: Dok. Pribadi
 
Di balik akun Instagram Chizukek yang dipenuhi image cheesecake Jepang yang lembut, empuk, dan penuh warna muda, ada dua pria yang mengelolanya. Jumlah follower-nya telah menembus angka 35.000, termasuk para selebritas.  Dari banyak food bazaar yang menguratori pengisi stan, Chizukek mendapatkan prioritas. Upaya Andy Ferwandy (32) dalam menjaga menu yang minimal justru membuat penggemar nempel dengan bayang-bayang Japanase cotton cheesecake ala Chizukek!
 
Sebagai lulusan sekolah bisnis di Melbourne, bagaimana akhirnya terjun membuat cheesecake?
Setelah terpikat oleh-oleh Japanase cotton cheesecake, saya mencari resepnya dari internet. Karena rasanya tidak sama dengan yang pernah saya coba, Jepang segera menjadi tujuan untuk mempelajari resep asli. Saya akhirnya bertemu dengan chef jagoan cheesecake yang awalnya enggan bekerja sama. Setelah negosiasi panjang, ia mau berbagi resep. Itu awal kemantapan saya untuk mendirikan Chizukek bersama rekan, William.
 
Cheesecake Jepang masih belum sepopuler versi Amerika yang lebih berat dan padat. Bagaimana tanggapan konsumen?
Syukur saja tanggapannya positif. Banyak yang suka dan membandingkannya dengan cheesecake yang mereka rasakan di Jepang. Ini pemicu semangat saya.

Baca juga:
Permainan Tekstur Jadi Andalan Kreasi Menu Kafe Sehat Berrywell Milik Kareyca Moeloek

 
Apa strategi pemasarannya?
Kami mengutamakan customer service yang cepat. Konsumen harus direspons secara aktif. Untuk promosi, Chizukek hanya menggunakan  Instagram karena kami perlu menggunakan foto-foto yang bagus. Saya juga tak berhenti menyuarakan bahwa Chizukek hanya dibuat dari bahan premium. Bukannya saya menganggap bahan lokal kurang baik, tapi demi menjaga keautentikannya, ada beberapa yang memang harus diimpor.
 
Ada kendala?
Bentuk cheesecake yang besar membuat orang mengiranya hanya bisa dinikmati beramai-ramai dan untuk momen tertentu. Padahal, cake ini cenderung light dan bisa dinikmati sendirian jika mau. Kini mulai banyak konsumen yang memberi testimoni bahwa kuenya dihabiskan sendiri!
 
Tak tergoda membangun toko fisik?
Rencana ini masih disimpan. Jakarta macet dan banyak orang malas keluar rumah. Apalagi sekarang dipermudah dengan adanya aplikasi ojek online. Walau demikian, saya tetap harus berhati-hati mengingat cotton cheesecake sangat delicate dan perlu dikemas dalam suhu tertentu. Ini sebabnya Chizukek memiliki layanan online delivery mandiri.
 
Apa saran bagi anak muda yang ingin mencoba bisnis kue?
Jangan takut untuk mengambil langkah awal. The first step is always the hard step. Lakukan banyak riset dan selalu utamakan pelanggan. (f)

Baca juga
Tiru Kunci Sukses La Maison Patisserie yang Berhasil Menjual Ribuan Macaron dalam Hitungan Jam

 

Daniel Marpaung
-
Share This :

Trending

Related Article