Marketing & Services

Kisah Sukses: Inka Sunarya, Pemilik Galeri Kebaya Tien Sunarya, ‘Mengejar Bola’ lewat Instagram

oleh Wanita Wirausaha Femina

Foto: Dok. Pribadi, Instagram/ @kebayatiensunarya

Membawa semangat digital native, pemilik Galeri Kebaya Tien Sunarya, Inka Paramitha (30), membuat akun Instagram untuk usaha jahit kebaya yang sudah dibangun oleh sang nenek sejak tahun 1970-an. Dalam waktu kurang dari tiga bulan, usaha keluarga yang sebelumnya hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut itu mulai mendapatkan konsumen-konsumen baru.

“Mereka umumnya datang ke studio kami setelah melihat foto-foto kebaya di akun Instagram @kebayatiensunarya. Banyak juga yang menemukan kami lewat pencarian hashtag #jahitkebayajakarta,” ungkap Inka.

Salah satu perbedaan yang mencolok, konsumen-konsumen baru yang berusia jauh lebih muda daripada para pelanggan sebelumnya itu umumnya datang dengan informasi spesifik mengenai kebaya yang mereka inginkan. Sementara pelanggan dari kalangan usia lebih tua, biasanya memilih berkonsultasi dengan desainer untuk menentukan model kebaya yang cocok untuk mereka.

Konsumen-konsumen muda juga ‘menuntut’ metode pembayaran yang lebih praktis dan aman, misalnya melalui mesin gesek kartu. “Dulu kami cuma terima pembayaran tunai. Namun,  makin ke sini, banyak konsumen yang merasa repot atau keberatan jika harus membawa uang tunai dalam jumlah tertentu,” ujar Inka.
 
Kehadiran mereka, menurut Inka, membawa tantangan baru pada bisnisnya. Meski tetap menomorsatukan kualitas produksi, ia dan timnya yang berjumlah sebelas orang itu juga memberikan perhatian pada cara berkomunikasi dengan pelanggan. Ibu satu anak ini harus selalu siap merespons pertanyaan konsumen yang masuk melalui Instagram, Line, dan e-mail. Secara berkala, ia juga menyempatkan diri untuk me-repost foto-foto konsumennya saat mengenakan kebaya buatannya. “Agar konsumen tahu bahwa keberadaan mereka sangat berharga untuk tim kami,” ujar Inka. (f)

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article