Marketing & Services

Manfaatkan Hari Pelanggan Nasional untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Konsumen

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pixabay


Tahukah Anda bahwa 4 September adalah hari pelanggan nasional (Harpelnas)? Bagi perusahaan yang berorientasi pada kepuasan konsumen, Harpelnas bukan hal baru lagi karena telah dicanangkan sejak tahun 2003 dimasa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Harpelnas merupakan wujud apresiasi pengusaha kepada pelanggan. Dengan memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas untuk kepuasan pelanggan, bisnis kita bisa berjalan berkesinambungan.

Moment Harpelnas menjadi moment yang pas bagi pengusaha untuk memanjakan pelanggannya dengan berbagai cara. Apapun yang Anda lakukan akan membawa memori istimewa di hati pelanggan.

Tidak hanya itu, Harpelas juga menjadi moment terbaik bagi perusahaan untuk meningkatkan kembali pelayanan yang selama ini telah diberikan kepada konsumennya. Ingatlah, pelanggan adalah aset terpenting bagi perusahaan. Pelanggan yang loyal akan memdorong bisnis Anda berkembang dan memiliki daya saing yang kuat.

Tiga cara brand memanjakan konsumen di Hari Pelanggan Nasional bisa jadi alternatif untuk Anda dalam memberikan pelayanan istimewa. Selamat Hari pelanggan Nasional!

1/ Berikan tawaran diskon khusus untuk hari konsumen ini. Durasinya bergantung pada kemampuan Anda, bisa satu hari, tiga Hari atau seminggu. Tapi jadikan diskon Harpelnas ini terasa lebih istimewa dari diskon lainnya. Salah satu brand kosmetik lokal, Wardah menjadikan peringatan Harpelnas sebagai kegiatan tahunan untuk memanjakan konsumen. Merayakan Harpelnas 2018, Wardah memberikan diskon 20% di acara car free day di 33 titik d berbagai kota. Cara ini diakui Promotion Officer Paragon, Dzikrillah Rizqi Amalia, seperti dikuitip dari TribunPekanbaru.com.  

2/ Merayakan Harpelnas 2018, perusahaan makanan cepat saji asal Amerika, McDonald’s memberikan free Mc Float dan Mc Frozen kepada pelanggannya pada hari Selasa (4/9) mulai pukul 11.00 hingga 00.00. Selain itu, McDonald’s juga memberikan booklet kupon untuk 200 pelanggan pertamanya di setiap outlet. Cara memanjakan konsumen dengan memberikan free produk ini bisa juga dilakukan oleh pebisnis kelas UKM. Tidak perlu semua pelanggan, mungkin Anda bisa memberikan kepada 10 pelanggan pertama. Sesuaikan saja dengan kemampuan bisnis Anda.

3/ Perusahaan yang mengutamakan pelayanan jasa seperti perbankan memiliki cara yang tak kalah istimewa untuk memanjakan konsumennya. Jika biasanya front liner seperti customer service dan teller yang berhadapan langsung dengan pelanggan, maka di Hari istimewa pelanggan ini, ada perbankan yang menurunkan semua jajaran direksi perusahaan untuk melayani pelanggan. Mereka ikut berperan sebagai kasir atau customer service melayani pelanggan mereka. Dengan cara ini, tidak hanya memanjakan konsumen, Anda juga bisa menunjukkan kepada karyawan Anda tentang budaya melayani konsumen. (f)

Baca Juga: 
PUKAU CALON KONSUMEN DENGAN INSTAGRAM STORIES YANG SERU?
4 CIRI PRODUK KECANTIKAN PILIHAN KONSUMEN USIA 20-30?
BISNIS E-COMMERCE MENINGKAT, INI 4 HAL YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA ONLINE

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article