Marketing & Services

Seri Memahami Konsumen Millennial: Makanan yang Nyeleneh, yang Dicari

oleh Helen Christanti

Foto:
 
Menjadikan sebuah food bazaar berbondong-bondong didatangi oleh anak muda juga adalah kepiawaian sekelompok insan di belakang HYPE!. HYPE! adalah  event organizer di Jakarta yang menginisiasi beberapa festival di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, misalnya Hype Street Food and Design Market yang diselenggarakan berkala, serta Jakarta Coffee Week, beberapa waktu lalu.

Jane  Kenny, Business Development Manager HYPE!, menyebutkan bahwa hidangan yang unik, menarik, dan bahkan nyeleneh adalah kriteria yang selalu diliriknya kala mengumpulkan tenant bazar. Masih ingat dengan susu aneka rasa yang disajikan dalam bohlam atau dalam kantong darah layaknya di rumah sakit? Ada juga minuman yang diseruput lewat sedotan berbentuk kacamata dan coconut ice cream dengan berbagai topping yang disajikan dalam batok kelapa.

Pada dasarnya, makanan yang hadir di bazar kuliner masa kini merupakan makanan yang sudah ada, tapi hadir kembali dalam tampilan yang lebih atraktif. Menurut pengamatan Jane, kini konsumen makin jeli dan fokus pada rasa ketimbang penampilan. 

Bukan perkara mudah menjadikan sebuah festival selalu ramai didatangi orang. Sebuah festival yang booming di tahun-tahun awal penyelenggaraannya bisa jadi melempem, jika tak bergegas mengemas sesuatu yang baru. Di antara banyak faktor, kehadiran tenant yang itu-itu lagi bisa membuat jumlah pengunjung menurun drastis. Tanpa adanya makanan yang menjadi bahan omongan, biasanya takkan timbul rasa penasaran di benak anak muda.

Mengikuti pergeseran tren, kini penyelenggara mulai menyajikan pameran  yang bersifat edukatif untuk menarik minat pengunjung. Misalnya saja, Jakarta Coffee Week yang mengumpulkan pebisnis kopi dan peminatnya dalam satu ajang. Di sini, pengunjung bisa bertemu langsung dengan kedai kopi favorit dan pemiliknya,  juga distributor perlengkapan coffee shop, hingga berbelanja merchandise bertema kopi.           

Selain itu, pameran bersifat tematik juga sedang digandrungi kalangan muda. Misalnya saja, tema Pork and Roll, Lunar Love, Boo! Haloween Bazaar, dan Creamy Candy Christmas milik ragam organizer yang sukses dipadati pengunjung. (f)
 

 

Helen Christanti
-
Share This :

Trending

Related Article