Marketing & Services

Strategi Marketing di Balik Lip Kit by Kylie Jenner

oleh Wiko Rahardjo


Seleb transgender, Caitlyn Jenner disebut tengah mempersiapkan diri terjun ke dunia bisnis kosmestik. Mengikuti jejak kesuksesan Kylie Jenner, putrinya. Jika benar, Caitlyn harus tahu strategi marketing luar biasa yang dilakukan putrinya.

Apa yang dilakukan Kylie dalam bisnis kosmetik memang tergolong luar biasa. Dalam hitungan detik, produk-produk terbaru brand lipstik miliknya, Kylie Lip Kit, yang diluncurkan   melalui online shop miliknya, Kylie Cosmetics, selalu terjual habis dalam hitungan detik setelah diluncurkan.

Akhir Maret 2016, ia berhasil menjual produk terbarunya hanya dalam 20 menit. Satu bulan sebelumnya, produk terbarunya terjual hanya dalam waktu 10 menit. Sementara Buzzfeed mencatat, pada akhir Desember 2015, produk terbaru Kylie terjual hanya dalam waktu 30 detik saja setelah diluncurkan.

Jordan Roper, marketing blogger dalam Scotmarketplace.com, menuliskan jika terlepas dari kepopulerannya, Kylie memiliki strategi marketing yang baik dalam bisnisnya.

Anda bisa meniru apa yang dilakukan Kylie dalam menjual.

Hang out where your target audience hangs out. Kylie tahu benar jika para penggemarnya sangat aktif di Snapchat, karena itu ia memanfaatkan betul media sosial tersebut untuk mempromosikan produknya. Dalam satu hari, Kylie bisa berkali-kali mem-posting cerita-cerita tentang dirinya di Snapchat. Aplikasi ini bahkan memberi gelar Kylie sebagai ‘Queen of The Snapchat’ dengan mencantumkan emotikon mahkota di samping akunnya.

Own your weirdness. Kylie bisa saja mengikuti cara berdandan dan berpakaian dari saudara-saudaranya yang sudah lebih dulu terkenal seperti The Kardarshian. Namun ia tidak melakukan itu. Ia malah memilih menciptakan sendiri keunikan dalam dirinya. Keunikan ini yang membuatnya justru lebih menonjol.

Use exclusive content to drive sales. Kylie memang rajin meng-update kabar terbaru dirinya melalui kanal-kanal sosial media yang diikuti oleh para penggemarnya. Tapi tahukah Anda jika ia juga memiliki aplikasi sendiri  yang menyediakan konten-konten ekslusif yang tak pernah ia bagi dalam media sosial. Aplikasi yang bisa diunduh via AppStore dan Android Market ini bernama Kylie Official App. Dengan mengunduh aplikasi ini, penggemarnya meras lebih ekslusif dari yang lain.

Get Personal. Kylie memang rajin menyampaikan kabar terbaru tentang dirinya di media sosial. Namun ia juga rajin melibatkan penggemarnya. Kylie tak ragu untuk menyapa, memuji, bahkan menampilkan foto-foto penggemarnya di akun miliknya. Dengan cara ini, para penggemarnya merasa lebih dekat dengan Kylie, dan mereka pun semakin fanatik.

Apa yang dilakukan Kylie merupakan strategi marketing yang luar biasa. Anda bisa menirunya.
Wiko Rahardjo / Credit Photo: KylieCosmetics.com
 
 
 

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article