Marketing & Services

Sukses Membangun Brand Dengan Strategi ā€œ5Cā€

oleh Naomi Jayalaksana

Apa yang Anda butuhkan untuk menjaga agar brand Anda tetap berkibar di peta bisnis? Sebelum menjawab ini, Anda perlu melihat lagi ke dalam, terhadap nilai-nilai mendasar yang dimiliki oleh perusahaan Anda, berserta tujuannya. Menurut pendiri agensi kreatif terkenal Oliver Russel, Russ Stoddard, ini adalah fundamen Anda dalam membangun bisnis menuju sukses.
 
“Anda mesti menentukan tujuan berdasarkan nilai-nilai yang mendasar perusahaan. Hanya dengan cara ini Anda bisa benar-benar mendefinisikan budaya bisnis Anda,” ungkap penulis buku Rise Up: How to Biuld a Socially Conscious Business, dan pendiri empat perusahaan dan lima yayasan non-profit ini.
 

Untuk membangun brand yang sukses, seorang sebuah perusahaan harus membangun bisnis dengan menjunjung “5C”: Clarity (kejernihan), Consistency (konsistensi), Character (karakter), Communication (komunikasi), dan Culture (budaya).
 
Clarity: Brand yang sukses harus memiliki clarity atau kejernihan tentang pesan yang ingin Anda melalui produk dan semua aktivitas yang mendukungnya.
 
Consistency: Nilai pesan ini harus secara konsisten diaplikasikan, sehingga pengaruh dan kekuatannya akan terus berdampak.
 
Character: Menyuntikkan karakter dalam proses membangun suara dan kepribadian Brand membantu Anda untuk menilai sejauh apa perbedaan brand Anda dibanding para pesaing, yaitu apakah brand Anda lebih disukai, memiliki keunikan yang menonjol, dan menarik perhatian.
 
Communication: Brand yang sukses bergantung pada jalinan komunikasi dengan semua pihak luar yang punya kepentingan, tanpa melupakan suara dari orang-orang dalam organisasi Anda yang bekerja keras untuk membuat brand bersinar.
 
Culture: Ciptakan budaya yang berfokus pada terwujudnya nilai dan tujuan dari brand. Ini adalah strategi utama Anda dalam membangun brand yang kuat dan membuatnya langgeng dalam peta bisnis. (GLG)

 

 

Naomi Jayalaksana
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article