Marketing & Services

Trik Mengantarkan Pesanan Kue

oleh Nuri Fajriati

Foto : Pexels

Kue yang relatif lebih ringkih dan memiliki risiko rusak lebih besar dalam perjalanan dari tempat produksi ke tangan konsumen, membutuhkan trik tersendiri dalam hal pengiriman.
 
Besta Arlita, yang memiliki usaha pembuatan cakes lewat Instagram @best_a menggabungkan dua sistem pengiriman, menggunakan jasa kurir khusus kue dan menangani sendiri pengiriman menggunakan taksi online. Alasannya, kue buatannya termasuk cake penuh hiasan cream yang rentan rusak sehingga perlu penanganan khusus.
 
“Dengan menggunakan kuris khusus, petugasnya sudah terlatih bagaimana memberikan  perlakuan khusus untuk kue,” katanya.
 
Meski hanya menggunakan sepeda motor, ada jaminan kue tiba dengan selamat di tangan konsumen. Umumnya, kurir khusus ini memiliki standar operasional, seperti menggunakan dua kurir, dilengkapi boks yang memiliki lapisan khusus, dan penggunaan dry ice. “Mereka juga sering mengingatkan apakah kue sudah didinginkan sebelum dikirim,” jelas Besta. Kerjasama ini ideal bagi pebisnis kuliner. Sehingga, pebisnis bisa lebih fokus pada produksi.
 
“Saya juga menggunakan taksi online. Dengan begitu, saya bisa mengirim cake ke mana saja, kapan saja. Ongkos pun bisa diperkirakan dan dirundingkan dengan pembeli. Yang lebih enak, saya dan pembeli sama-sama bisa memantau kiriman sudah sampai mana,” ujar wanita yang sudah dua belas tahun menjalani bisnis makanan ini. Kekurangannya, karena bukan kurir khusus, mereka tidak memiliki keterampilan dalam menangani kue yang rapuh. Otomatis, jadi lebih deg-degan.
 
Dari segi biaya, dari perhitungan Besta, kurang lebih sama. “Kalau jauh-jauh hari memesan, kami masih bisa sarankan untuk menggunakan kurir khusus, karena kemungkinan masih ada slot, tapi jika pemesanan dadakan atau hari Minggu, saat kurir biasanya libur, maka saya akan sarankan menggunakan taksi online.” (f)
 
BACA JUGA:

Penting bagi Foodpreneur! 6 Cara Layak Coba Agar Produk Viral

Teknik Sukses Bikin Sambal Korek untuk Bisnis

Apa Retail Food and Beverage Tersukses di AS Setelah McDonalds? Ini Tempatnya!


 

 

Nuri Fajriati
-
Share This :

Trending

Related Article