News

Agar UMKM Naik Kelas

oleh Wiko Rahardjo
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah terus didorong pertumbuhannya di Indonesia. Pemerintah sediakan program pendampingan agar UMKM Indonesia bisa naik kelas.

Jumlah UMKM di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami pertumbuhan. Sampai dengan tahun 2015, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlahnya diperkirakan sudah lebih dari 55 juta.  Dengan jumlah ini, UMKM telah menjadi salah satu pendorong roda perekonomian nasional.

Demi terus menjaga pertumbuhan UMKM di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menyediakan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). "Strategi yang kami lakukan adalah melalui pendampingan baik kelembagaan, keuangan, maupun manajemen. Kami juga melakukan pengembangan investasi, kemitraan, 'networking' hingga transformasi UMKM ini siap berkompetisi," ujar Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha KUKM, Yuana Sutyowati, seperti dikutip dari Kompas.com

Menurut Yuana, dengan program pendampingan tersebut, UMKM di Indonesia akan didorong untuk naik kelas menjadi Usaha Besar (UB). Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Menurut Yuana, selama ini Kementerian Koperasi dan UKM baru memiliki 5  pendamping di tingkat kabupaten kota dan 7 di tingkat provinsi.  Ia mengakui jika jumlah tersebut masih tergolong sangat minim dibandingkan dengan jumlah UMKM yang ada.

Kementerian menggandeng berbagai pihak seperti Asosiasi konsultan Pendamping UMKM, PT Telkom Indonesia, dan PT Bank Rakyat Indonesia.  
Wiko Rahardjo/Sumber: Kompas.com
 
 

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article