News

Amazon Menonaktifkan Ratusan Akun Penggunanya. Ini Alasannya!

oleh Citra Narada Putri

Dok. Negative Space from Pexels


Beberapa hari lalu, sejumlah pengguna Amazon, perusahaan perdagangan elektronik multinasional, geram karena ratusan akun penggunanya ditutup secara sepihak tanpa penjelasan. Keluhan tentang penonaktifan tersebut mereka sampaikan dalam sebuah akun grup di Facebook, yang kemudian berakhir viral.

Awalnya, tak ada anggapan terkait masalah ini dari pihak Amazon. Kemudian, setelah media Business Insider membuat berita terkait penutupan ratusan akun secara sepihak ini, Amazon mengirimkan email penjelasan.

Dalam email tersebut disampaikan bahwa ratusan akun yang dinonaktifkan tersebut telah melanggar kebijakan perusahaan atau menggunakan akun mereka untuk tujuan komersial. Pasalnya, Amazon memang melarang pengguna untuk mengunggah ulasan dengan imbalan diskon pada barang tertentu atau melakukan ulasan baik pada kolom komentar di akun mereka agar mendapatkan nilai baik.

Dalam penjelasannya, pihak Amazon menjelaskan "Kepercayaan pelanggan adalah prioritas utama Amazon. Untuk melindungi kepercayaan tersebut, kami mengambil beberapa langkah, termasuk menutup sejumlah akun yang melanggar kebijakan kami."

Para pengguna yang akunnya ditutup memang mengakui bahwa mereka melanggar kebijakan karena melakukan kegiatan seperti memberikan imbalan hadiah bagi orang yang memberikan ulasan positif di kolom komentar. Beberapa di antaranya mengaku melakukan hal tersebut namun tak menyadari bahwa hal tersebut dilarang. Sementara lainnya mengatakan tak ingat telah melanggar kebijakan tersebut.


Adapun, berikut bentuk email yang dikirimkan Amazon kepada ratusan akun yang dinonaktifkan minggu lalu :


Halo dari Amazon :

Terima kasih telah menghubungi Amazon Customer Service. Kami telah meninjau akun Anda dan mengonfirmasi bahwa akun Anada dinonaktifkan karena pelanggaran Pedoman Komunitas dan Ketentuan Pelanggan kami.

Akun Anda telah dinonaktifkan karena satu atau dua alasan berikut :
- Ulasan Anda diunggah sebagai imbalan atas kompensasi, seperti kartu hadiah untuk membeli produk, pengembalian uang, saling menukar ulasan baik, produk gratis atau diskon, dan /atau
- Akun Anda digunakan untuk tujuan komersial.

Kami akan mempertimbangkan dan memberi saran dalam 7 hari kerja jika akun Anda memenuhi syarat untuk diaktifkan kembali.

Sementara itu, jika Anda telah melakukan pembelian digital (mis. film, audible.com, buku) konten tersebut kini tersedia untuk Anda.

Terima kasih.

Amazon 

Baca Juga :
UKM WANITA PALING BANYAK MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI BISNIS
BAGI PEBISNIS DAN RETAILER, KINI BELANJA GROSIR KIAN MUDAH LEWAT ONLINE
 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article