News

Bank DBS Indonesia Sediakan Layanan Buka Rekening di Kedai Kopi

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Dok. DBS Indonesia
 
Bank DBS telah membuat inovasi perbankan dengan menghadirkan Digibank, produk layanan perbankan yang ditujukan untuk masyarakat yang fasih digital. Khusus di Indonesia, bank berbasis mobile yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu ini membuat nasabah bisa melakukan aktivitas perbankan hanya lewat gadget.

Setelah beberapa bulan diluncurkan, Bank DBS Indonesia kembali malakukan terobosan yaitu  memberikan layanan membuka rekening lewat Digibank di sekitar 21 kedai kopi modern di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung dan Surabaya.

Baca Juga:

Meminjam Bank di Kala Bangkrut


Leonardo Koesmanto, Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia mengatakan penyediaan layanan itu untuk mengikuti perilaku dan memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya generasi milenial yang dimana aktivitas ngopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

“Layanan ini kami tujukan kepada generasi muda. Sebab tidak sedikit dari generasi milenial yang telah miliki usaha atau mereka yang bekerja di perusahaan start up. Dimana kedai kopi kerap dijadikan sebagai tempat meeting atau bekerja,” kata Leonardo dalam acara konferensi pers e-KYC digibank by DBS beberapa waktu lalu di St Ali, Jakarta beberapa waktu lalu.

Membuka rekening pada Digibank by Bank DBS ini memang tergolong mudah. Dibantu oleh sebuah alat, dengan berbekal e-KTP, Anda bisa membuka rekening Digibank dan melakukan verifikasi biometrik dengan cepat.

Setelah data Anda diterima, Bank DBS Indonesia akan melakukan verifikasi identitas Anda sebagai calon nasabah dengan cara mendatangi di tempat Anda berada atau janji temu seseuai dengan keinginan Anda.

Leonardo menambahkan, agar nasabah semakin memperoleh pengalaman beraktivitas perbankan yang seamless, Digibank by DBS dilengkapi oleh beragam fitur inovatif.

1/ Teknologi Biometrik
Bagi Anda warga negara Indonesia yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dapat membuka rekening Digibank by DBS dimanapun dan kapanpun. Cukup dengan mengatur jadwal bertemu dengan agen Digibank by DBS untuk membantu proses pembukaan rekening dengan menggunakan alat biometrik di tempat secara langsung. Sedangkan bagi nasabah yang lebih menyukai kenyamanan beraktivitas di kedai kopi bisa melakukan verifikasi biometrik di e-KYC Store yang berlokasi di Jakarta, Bandung dan Surabaya.
 
2/ Chat Transfer
Nasabah dapat berinteraksi dengan Virtual Assistant Digibank yang berteknologi Artificial Intelligence, untuk melakukan transaksi transfer dana. Misalnya nasabah mengetik “Transfer 100 ribu ke Digor” maka Virtual Assistant akan melakukan layanan transaksi. Fitur ini mirip seperti memiliki seorang Relationship Manager yang membantu layanan transaksi, tanpa harus menghubungi call centre.
 
3/ Spending Tracker
Fitur ini merupakan fitur perencanaan dan pengawasan finansial yang cerdas untuk membantu nasabah lebih bijak dalam mengelola uangnya. Dengan fitur ini, nasabah dapat dengan mudahnya merencanakan pengeluaran sekaligus memantau transaksi perbankan menggunakan kartu debit Digibank. Dirancang in-built pada aplikasi Digibank, fitur ini mengoptimasi anggaran sehingga membantu nasabah dalam membuat anggaran, melacak serta menganalisa tren pengeluaran.
 
4/ Soft Token
Fitur ini merupakan fitur keamanan dengan sistem pengamanan in-built yang dinamis. Perbankan pada umumnya menggunakan One-Time Passwords (OTPs) untuk bertransaksi. Kode digit dikirimkan via SMS, lalu nasabah perlu mengetikannya kembali untuk proses otorisasi setiap melakukan transaksi. Namun bagi nasabah Digibank by DBS, setelah unduh aplikasi dan verifikasi (OTP cukup 1 kali di awal), maka mereka dapat menikmati fitur Soft Token yang tertanam pada perangkat yang digunakan sehingga tidak perlu SMS OTP lagi setiap melakukan transaksi. (f)

Baca Juga:

7 Manfaat Tersembunyi Kartu Kredit

Ayu Wulandari: Rapikan Usaha agar Dilirik Bank

 

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article