News

Belajar Menjadi Wirausaha Berdampak di Mega Scale-Up Asia 2017

oleh Citra Narada Putri

Foto: CIT
 
Pertumbuhan jumlah wirausaha di Indonesia meningkat pesat. Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2016 mencatat ada sekitar 26.7 juta wirausaha dibandingkan satu dekade sebelumnya (22.7 juta). Salah satu bidang yang berkembang pesat adalah sektor digital selama lima tahun terakhir.
 
“Dunia wirausaha telah menjadi katalis pertumbuhan yang baru untuk Indonesia. Ini hanya bisa terjadi jika kita memiliki pelaku bisnis yang kuat dan bisa memberikan dampak masif bagi lingkungan sekitarnya, serta tidak takut untuk memiliki tujuan yang besar,” papar Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, di Endeavor Indonesia Mega Scale Up Asia 2017 pada (15/3) lalu, di Shangri-La Hotel, Jakarta. Di acara ini pelaku wirausaha lintas bidang berkumpul untuk memperluas jejaring mereka.
 
Meningkatnya pertumbuhan pelaku wirausaha di Indonesia diikuti kekhawatiran jumlah kegagalan yang tinggi dalam merintis bisnis. Bisa jadi karena salah perhitungan, branding yang tidak sesuai hingga keliru menentukan segmentasi pasar.
 
Untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan yang berkesinambungan dan berkualitas serta para wirausaha butuh lebih banyak mentorship, akses ke berbagai jejaring hingga keterampilan di dunia teknologi. “Para wirausaha yang berkualitas dapat meningkatkan ketahanan negara sehingga fokus pemerintah adalah meningkatkan kualitas ketimbang kuantitas,” Triawan menambahkan.
 
Seperti di sesi Mega Scale-Up Clinic, 250 wirausaha yang hadir juga berkesempatan menimba ilmu dalam one on one mentoring dengan beberapa tema sesuai kebutuhan mereka, di antaranya finance & fundraising, branding & marketing, marketplace & e-commerce, talent management, hingga sales.
 
Ada 175 mentor yang merupakan para ahli di lintas bidang, seperti Handry Satriago dari GE Electronics, Ashraf Sinclair mewakili 500 Startups, Grace Judio Kahl dari Lighthouse, Helianti Hilman, pendiri Javara dan Petty S. Fatimah, Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Komunitas Femina Media. (f)
 
 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article