News

Fenomena Fenty Beauty: Saat Brand Kecantikan Rihanna Salip Kylie Jenner. Apa Resepnya?

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: dok. Instagram.com/badgalriri

Rihanna tidak hanya mampu membius penikmat musik lewat suara atau aksi panggungnya yang spektakuler, namun penyanyi yang selalu tampil stylish dan glamor ini kini menjelma menjadi beauty mogul lewat brand kecantikan Fenty Beauty.
 
Bayangkan, sejak dirilis pertama kali pada September 2017, Fenty Beauty menunjukkan penjualan yang sangat pesat. Bahkan pada 26 Januari 2018 lalu sudah dilaporkan mendepak dominasi Kylie Jenner lewat Kylie Cosmetics yang sebelumnya lewat Lip Kit by Kylie telah menjadi fenomena global.
 
Menurut laporan WWD.com, perusahaan Kylie, anak bungsu klan Kardashian-Jenner ini menghasilkan Rp5,6 trilyun dalam waktu 18 bulan sejak diluncurkan pertama kali dan diprediksi akan menjadi perusahaan yang bernilai satu milyar USD (Rp13,5 trilyun) pada tahun 2020. Namun, nyatanya, laporan Slice Intelligence mengatakan, perusahaan yang baru berusia 4 bulan milik RiRi (sebutan untuk Rihanna), ternyata berhasil melampaui Kylie Cosmetics.
 
Pada bulan pertama diluncurkan pun, penjualan produk kosmetik Fenty Beauty sudah 5 kali lipat dari penjualan Kylie Cosmetics di bulan yang sama. Rihanna berhasil meraup Rp1 trilyun! Bahkan, Fenty diprediksi juga akan melampai KKW Beauty Line milik kakak Kylie, Kim Kardashian.
 
Belum terlalu jelas, mengapa penjualan FentyBeauty begitu fenomenal. Apakah cara penjualan yang lebih tradisional ditempuh RiRi, dengan hanya menjual di Sephora, baik online maupun offline. Sementara, Kylie Cosmetics dijual secara langsung ke konsumen. Ditambah lagi, sejak kehamilannya mulai membesar, Kylie tampak tak lagi agresif di sosial media. Bahkan bisa dikatakan, sejak Natal tahun lalu, ia menghilang dari Instagram-nya. Padahal, lewat sosial media inilah Kylie berhasil membangun bisnisnya.
 
Namun yang pasti, banyak yang menyukai produk Fenty karena ragam warna yang ditawarkan untuk foundation, yaitu ada 40 warna. Bayangkan, kulit warna apapun bisa diakomodasi. Konsep tentang keberagaman pun menjadi strategi pasar yang sukses menarik banyak pembeli.Kebanyakan pengguna Fenty Beauty adalah keturunan Afrika-Amerika, Spanyol-Amerka juga orang Asia.

Menurut Elle, pelanggan Fenty Beauty, juga rata-rata menghabiskan uang Rp6,3 juta setahun untuk berbelanja produk kecantikan, sementara pelanggan Kylie Cosmetics yang hanya menghabiskan rata-rata Rp2,4 juta.
 
Menurut Time, yang menggelari Fenty Beauty sebagai The Best Inventions of 2017, ada beberapa hal yang menjadi faktor sukses Fenty Beauty:
 
1/Produk Yang Inklusif & Branding
Rihanna sendiri ikut turun tangan menangani detail, dari konsep, produksi hingga branding. Pemilihan model yang sangat beragam, dari wajah, hingga bentuk tubuh, membuat kampanye produk ini sangat berhasil menerjemahkan 40 warna foundation-nya.

2/ Bukan Produk Limited
Fenty Beauty bisa kapan saja, di mana saja. Ini bukan produk yang membuat orang kehilangan kesempatan untuk mendapatkannya karena edisi terbatas. Memang, koleksi musim liburan memang terbatas, namun masih banyak ragam warna lain yang bisa didapatkan, bukan?

3/ Kualitas Bagus
Fenty Beauty menggunakan bahan yang baik, dan dikemas secara menarik.

4/ Social Media Beauty Influencer
Fenty Beauty sangat paham dan piawai menggunakan kekuatan sosial media. Video tutorialnya di Youtube telah ditonton lebih dari 132 juta pada bulan pertama.

5/ Ya, dia memang Rihanna
Bak Raja Midas, apapun yang disentuh Rihanna memang menjadi ‘emas’. Nampaknya, penyanyi kelahiran Barbados ini juga memiliki fans yang sangat fanatic (Rihanna Navy), yang akan melakukan apapun bila sang Diva bersabda. (f)

Baca Juga:
Strategi Marketing di Balik Lip Kit by Kylie Jenner
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article