News

Gaya Jokowi Sindir Bisnis Pisang Kaesang, Dan Balasan Kaesang Yang Kocak

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Instagram, Twitter

Gaya komunikasi yang santai dan jail keluarga Presiden Jokowi memang sudah dikenal publik. Bagaimana antara ayah, ibu dan anak-anak kerap berbalas kejailan di sosial media. Gibran dan Kaesang juga dikenal tidak pernah baper ketika mendapat bullying dan justru bisa memanfaatkannya untuk bisnis makanan mereka.

Seperti yang dilakukan Gibran ketika di depan gerai martabak Markobar miliknya di Solo dijadikan tempat deklarasi ganti presiden, ia malah riding the wave untuk membuat Markobar kian dikenal. Atau, ketika terjadi dinamika politik saat penentuan bakal calon presiden dan wakil presiden ketika politisi Partai Demokrat menyebut-nyebut adanya Jenderal Kardus, Gibran memanfaatkannya untuk mengumumkan kardus bungkus terbaru Markobar.
 
Yang terbaru adalah bagaimana Jokowi menyindir bisnis pisang Kaesang ketika melakukan kunjungan ke Singapura. Pada tanggal 14 November lalu kala hendak menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-33 ASEAN di Singapura, Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak masyarakat Indonesia yang di SIngapura makan siang bersama.
 
Di laman Instagramnya, Jokwi menulis:
Jauh-jauh ke Singapura, makannya tetap di restoran dengan menu Indonesia. Kenapa tidak?

Hari ini, saya dan rombongan makan siang di restoran Bebek Goreng Pak Ndut di Lucky Plaza, mal di kawasan Orchard Road. Kaesang yang sedang kuliah di Singapura datang bergabung.

Saya memesan bebek goreng kremes, sayur asam, tahu, tempe, berikut sambal bawang dan sambal terasi.

Di negeri jiran ini ada banyak restoran yang namanya familiar di Indonesia: dari Bebek Tepi Sawah, Sari Ratu, sampai Restoran Garuda. Sayang, kendati pemilik Sang Pisang di Singapura, pisang gorengnya belum dijual di sini (emoticons).
 
Di Instagram, postingan ini mendapat 433k likes dan dikomentari sebanyak 11,8k. Tak hanya di Instagram, ‘sindiran’ ini juga dilakukan di akun Twitter-nya.
 
Kaesang yang tersindir pun segera membalas:
 
"TERSINGGUNG SAYA PAK. SAYA SENSITIF PAK," tulis Kaesang dengan huruf capital semua.
 
Cuitan kaesang langsung direspons netizen. Ada yang ‘memarahi’ Kaesang:
 
"Yang sopan mas kalo ngomong sama presiden, enak aja kaya ngomong sama bapak sendiri...," "Yang sopan mas kalo ngomong sama presiden, enak aja kaya ngomong sama bapak sendiri...,"
 
Kaesang kembali nge-tweet:

"Maafkan saya pak, jangan keluarkan saya dari kartu keluarga pak. mohon maaf pak. ini tulisan saya kecil semua sampai habis "titik" pun masih kecil pak."

"Terima kasih banyak pak Sang Pisang sudah di-notis. Saya senang sekali pak."

Ujung-ujungnya, Kaesang membalas dengan meme:
 
 "Mohon jangan kirim ini pak. Saya takut"

Foto: Twitter
 
Seperti diketahui, kedua anak laki-laki Jokowi memang berbisnis makanan. Anak sulungnya, Gibran, memiliki katering Chilli Pari dan salah satu produk makanan miliknya yang popular adalah martabak dengan topping aneka rasa, bernama Markobar.
 
Sementara, Kaesang juga memiliki berbagai bisnis, di antaranya adalah madhang.id yang merupakan marketplace untuk makanan rumahan dan kudapan pisang bernama Sang Pisang. Bisnis pisang ini sudah ia jalankan selama setahun terakhir, dan kini gerainya sudah berada di 24 kota. Kudapan pisang inilah yang menjadi bahan sindiran ayahnya. (f)

Baca Juga:
Menunggangi Trending Politik, Promosi Markobar Ala Gibran Putra Jokowi
Ende, Tas Etnik Lokal Favorit Ibu Iriana Joko Widodo



 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article