News

Google Lounge bagi Para Entrepreneur Muda

oleh Gilang Gumilang


Beberapa waktu lalu, KIBAR mengumumkan dibukanya Google Lounge di markas baru mereka di kawasan Jakarta Pusat. Google Lounge adalah wadah untuk menciptakan komunitas dan memperkuat ekosistem startup di Indonesia.

Ini berarti, KIBAR akan bergabung dengan 50 organisasi yang lebih dulu berkarya di 135 negara, termasuk enam kampus -tempat yang dimiliki dan dioperasikan oleh Google, yang segaja disediakan untuk para entrepreneur muda.

KIBAR dan Google for Entrepreneurs akan menciptakan serangkaian program yang dapat diikuti oleh para anggotanya. Contohnya, Campus Exchange Fintech yang diselenggarakan di Campus Sao Paulo, akses ke Google Demo Day, dan pelajaran programming yang dikhususkan untuk para entrepreneur wanita.
KIBAR adalah tech startup ecosystem builder di Indonesia yang menjalankan berbagai program pembangunan kapasitas seperti Innovative Acadeny (inkubator startup tingkat universitas bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada), Start Surabaya (inkubator startup tingkat kota pertama Indonesia, bekerja sama dengan Pemkot Surabaya), dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital (yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Beri Kesempatan Startup Baru
Salah satu startup yang mendapatkan kesempatan untuk bergabung di Google Lounge-nya Kibar adalah Youtube Channel Kok Bisa? Awalnya digawangi tiga orang, kini Kok Bisa? memiliki tujuh orang kreatif yang memproduksi satu video perminggunya dengan pengunjung ribuan.

“Mimpi kita membuat semacam National Geographic ala Indonesia, menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar ilmu pengetahuan, tentunya yang mudah dipahami oleh anak-anak sekalipun,” kata founder Kok Bisa? Ketut Yoga Yudistira. Meski awalnya dianggap aneh, bahkan video pertamanya lebih banyak menerima dislike ketimbang like, kini Kok Bisa? menjadi salah satu channel yang memiliki pengunjung setia. Bahkan, dari interaksi dengan para pengunjung tersebut dibuatlah video-video baru. “Ya, inspirasi kami adalah komentar dari para pengunjung,” kata Ketut. Kini satu video Kok Bisa? bahkan bisa menerima komen hingga empat ribuan orang.

Ini merupakan semangat Ketut dan kawan-kawan untuk membanjiri khalayak Indonesia dengan konten-konten positif, mengingat terlalu banyaknya konten negatif yang  berkembang di masyarakat.
#News #Event #Wanwir #Femina

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article