News

Hari Pelanggan Nasional, Siapa Pencetusnya?

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pixabay


Istilah pelanggan adalah raja, sudah umum kita dengar. Meski begitu, dalam kenyataannya, konsumen tak selamanya menjadi raja. Posisi konsumen terkadang masih dianggap lebih rendah dari perusahaan itu sendiri. Padahal, maju mundurnya sebuah usaha sangat bergantung pada loyalitas konsumennya.

Memulai kiprahnya sebagai pakar pemasaran dengan mendirikan Frontier Consulting Group, sebuah perusahaan riset dan konsultan marketing sejak tahun 1997, Handi Irawan D yang juga seorang pengusaha Indonesia memulai gagasan tentang Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Yang kemudian diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003 dengan menetapkan tanggal 4 September setiap tahunnya sebagai Hari Pelanggan Nasional.

Tujuannya tak lain untuk mengingat kembali perusahaan akan pentingnya memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Di lain sisi, Harpelnas juga menjadi momentum bagi konsumen dalam negeri untuk menjadi konsumen yang lebih cerdas.

Ketika menggagas tentang Harpelnas, speaker dan penulis buku strategi marketing ini, berharap Harpelnas bisa menjadi bagian dari proses pembentukan budaya pelayanan. Para pemilik usaha dapat memberikan keteladanan dalam melayani sehingga memberi motivasi bagi karyawan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Selain memprakarsai Haroelnas, Hendi juga diketahui memprakarsai beberapa penghargaan popular di Indonesia lainnya, seperti Top Brand Award, IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies), ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award), dan Marketing Award. Ia juga dipercaya menjabat sebagai president of AMA-Indonesia, organisasi manajemen terbesar di Indonesia yang memiliki 15 cabang di seluruh Indonesia. Harian Bisnis Indonesia pun memberikan atribut Bapak Kepuasan Pelanggan kepada Handi. (f)

Baca Juga: 
LAPORAN KEUANGAN: SAAT TERJADI KEGAGALAN PENGIRIMAN BARANG KE KONSUMEN, HARUS DICATAT DI MANA?
E-COMMERCE JADI TEMPAT PEREDARAN PRODUK PALSU, KONSUMEN HARUS LEBIH CERDAS
PENGIRIMAN CEPAT DAN PICK UP CENTER, CARA ILOTTE MANJAKAN KONSUMEN



 

 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article