News

Piawai Mengelola Fans, Strategi Sukses Bisnis Klub Manchester United

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pixabay

Sukses klub sepak bola Manchester United mengalahkan klub Liverpool pada pertandingan Liga Inggris pada Sabtu (10/3) kemarin membuat timeline sosial media dipenuhi berita mengenai sukses klub besutan manajer kontrovesial Jose Mourinho.
 
Pasalnya, banyak yang memprediksi, klub yang pernah diperkuat David Beckham ini akan kesulitan mengatasi gempuran Liverpool. Namun, selama bola itu bulat, hasil di lapangan tidak bisa ditebak. Meski statistik setelah pertandingan menegaskan bahwa para pemain MU hanya menguasai bola 32% saja sepanjang pertandingan.
 
Terlepas dari hasil pertandingan itu, klub MU yang berjuluk the Red Devils ini adalah fenomena. Selain diperkuat oleh bintang-bintangan lapangan bola yang bergaji milyaraan per minggu, klub ini juga mampu mengelola aset di luar lapangan menjadi sumber pemasukan yang berlimpah: para fans yang fanatik.
 
Fans adalah hal terpenting dalam olahraga sepak bola yang sudah menjadi bisnis super besar, bahkan mereka bisa disebut sebagai ‘modern tribes’.  Menurut Dominic Kitchin dalam bukunya yang berjudul The Science of Buying, hal ini karena kita cenderung memiliki keinginan untuk menjadi bagian dari sesuatu.
 
MU tahu betul hal ini dan menjalin hubungan yang erat dengan para fans. Di situ resmi mereka, www.manutd.com, para fans dibuatkan ‘rumah’ tersendiri, yaitu Fanzone.
 
Bisnis MU juga tak lagi sekedar klub bola, tetapi juga merambah cable network (hak dan saluran televisi MU), financial/banking, toko merchandise, museum, konferensi dan katering hingga servis e-mail gratis.
 
Selain menjual produk-produk seperti jersey, parfum dan berbagai barang merchandise lain, MU juga melakukan kerjasama dengan berbagai brand besar. Dan karena memosisikan diri sebagai klub yang premium, dengan dukungan fans yang sangat loyal, maka MU bisa menjual diri sangat mahal, termasuk tiket menonton pertandingan di homebase mereka, Stadion Ol Trafford, yang berjuluk Theater of Dream. (f)

Baca Juga:
Cindy Engkeng: Dari Olahraga Berbuah Laba
Bertha Gani: Dari Olahraga Berbuah Laba
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article