News

Peluang Bisnis di Afrika Selatan

oleh Gilang Gumilang
 
Pertemuan antara Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukito di hadapan pelaku usaha di Afrika Selatan (Afsel), membuka peluang bagi pebisnis tanah air untuk mencoba ekspansi ke negeri di Tanjung Harapan tersebut.
 
“Saat ini merupakan momentum yang tepat bagi Afsel untuk bekerja sama dengan para pelaku usaha Indonesia baik dari usaha kecil, menengah, dan besar. Indonesia merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan salah satu ekonomi paling dinamis pada G20,” kata Enggar.
Penegasan ini disampaikan pada saat Forum Bisnis Indonesia-Afsel yang terselenggara atas kerja sama Departemen Perdagangan dan Industri Afrika Selatan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pretoria, serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg.

Mendag Enggar berkunjung ke Afrika bersama delegasi bisnis yang terdiri dari 21 pengusaha yang tertarik melihat Afsel yang pertumbuhan ekonominya pesat. Para pengusaha ini berasal dari sektor pertanian (kopi, kelapa, dan kelapa sawit), hingga manufaktur (ban mobil, bumbu dan bahan makanan, kertas rokok, kertas tulis, produk tekstil, alas kaki, atap, bahan bangunan dan konstruksi), serta sektor keuangan.

Pada Forum Bisnis tersebut, Mendag Enggar juga meminta dukungan dari Afsel terhadap proposal dan negosiasi Preferential Trade Agreement (PTA) antara Indonesia dengan lima negara yang tergabung pada Southern African Customs Union (SACU). Kelima negara tersebut yaitu Botswana, Lesotho, Namibia, Afrika Selatan, dan Swaziland.  “Afsel merupakan negara yang memiliki posisi yang strategis pada SACU. Afsel juga memegang peranan utama di kawasan Afrika. Sementara Indonesia memiliki posisi strategis di kawasan Asia Tenggara,” kata Mendag.

Kinerja perdagangan Indonesia diprediksi mencapai angka triliunan dolar pada 2020. Indonesia saat ini juga merupakan ekonomi terbesar ke-16 dunia. Posisi ini diperkirakan akan meningkat ke peringkat 7, menggantikan Jerman dan Inggris. Populasi Indonesia juga berkembang pesat dengan pertambahan penduduk sebesar 90 juta jiwa dalam jangka waktu 20 tahun ke depan yang akan memacu konsumsi domestik.

Pada kesempatan tersebut, Mendag juga mengundang para pelaku usaha dari Afsel untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) ke-32 yang akan diselenggarakan pada 11-15 Oktober 2017 di Jakarta, Indonesia. Acara ini akan mencakup 1.100 peserta pameran dan diharapkan dihadiri oleh lebih dari 16.000 pembeli dari seluruh dunia.

 

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article