News

Rumah Zakat dan DM ID Group, Dukung Branding UKM Indonesia

oleh Gilang Gumilang

Salah satu masalah besar dalam mengembangkan bisnis adalah sikap kurang percaya diri dari pelaku bisnis, dan itu ternyata bisa terlihat dari produk yang mereka luncurkan. Hal ini sangat jelas terlihat pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM), padahal UKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional dengan roda usaha hampir mencapai angka 58 juta.

Ketimpangan ini terungkap dalam konferensi pers DM ID Group dan Rumah Zakat, di Jakarta, beberapa waktu lalu. “Jadi, DM ID membuat semacam kelas motivasi untuk membangun rasa percaya diri para pengusaha kecil menengah yang kebanyakan berada di desa. Mereka mesti bangga karena memiliki sesuatu yang belum tentu dimiliki pengusaha lain,” kata Daniel Surya, chairman dan Presiden DM ID.  

Hasil akhir dari kelas motivasi ini adalah meningkatnya brand value hasil produksi UKM. “Sebenarnya, apa yang kita lakukan melalui Rumah Zakat adalah membangkitkan perekonomian di pedesaan. Ini mirip dengan apa yang dilakukan oleh negara Cina. Mengapa demikian? Karena sumber daya di desa berlebih, namun sumber daya manusianya belum sanggup untuk bersaing,” kata CEO Rumah Zakat, Nur Efendi.

Pemberdayaan Masyarakat

Rumah zakat  adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Salah satu dari empat pilar mereka adalah pilar pemberdayaan ekonomi, selain pilar kesehatan, pendidikan, dan kelestarian lingkungan.

Dalam perjalanannya, para pengelola di Rumah Zakat menyadari bahwa masalah brand development menjadi salah satu masalah utama dari pelaku bisnis UKM. “Inilah yang melatarbelakangi kerjasama kita dengan DM ID,” kata Nur Efendi,”ya, kita memang harus membangun lagi koperasi, warung klontong, pasar, dan itu semua butuh persatuan dan militansi.”

 

Brand dari UKM inilah yang diharapkan bisa masuk ke pasar, warung klontong, dan koperasi, selain terserap di supermarket.

 

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article