News

Wanita Bisa Meraih Keuntungan hingga Rp33,8 juta dari Menyewakan Properti di Airbnb

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pixabay

Menyambut International Women’s Day, Airbnb merilis kabar menarik tentang para wanita tuan rumah (wanita yang menyewakan properti miliknya di Airbnb). Data menyebutkan, secara global, dibandingkan pria, ada lebih banyak wanita yang menyewakan properti mereka di Airbnb.
 
Di Indonesia sendiri, 44% tuan rumah adalah wanita. Sejak tahun 2017, jumlah wanita tuan rumah ini angkanya meningkat 37% mencapai 8.920 orang dengan rata-rata pendapatan tuan rumah wanita sebesar US$2.460 (Rp33,8 juta). Secara total, sepanjang tahun 2017, wanita tuan rumah di Indonesia telah menghasilkan US$48.8 juta atau setara dengan 670 miliar rupiah.
 
Pencapaian besar para wanita tuan rumah di Airbnb ini juga terjadi di negara-negara lainnya. Wanita di Amerika Serikat mencatat penghasilan tertinggi di Airbnb yaitu hampir 3 miliar dollar (2017). Sedangkan Vietnam adalah salah satu negara dengan perkembangan wanita tuan rumah paling pesat mencapai 114% sepanjang tahun 2017. Sekitar 53% tuan rumah di Vietnam adalah wanita. Wanita juga berkontribusi dari total komunitas tuan rumah di Selandia Baru (70%), Afrika Selatan (63%), dan Britania Raya (62%).
 
Peluang di platform Airbnb bukan hanya menyewakan properti dan menerima tamu yang menginap. Hadirnya Pengalaman Airbnb (kegiatan bersama penduduk lokal) di satu tahun terakhir memungkinkan lebih banyak lagi wanita menjadi wirausahawan.
 
Pengalaman Airbnb beragam, dari  kelas memasak makanan tradisional hingga wisata alam. Selain itu ada pula wanita tuan rumah yang berinisitif dengan memberikan pengalaman berdampak sosial, bekerjasama dengan lembaga nirlaba yang memberdayakan wanita.
 
Di San Francisco, California, seorang wanita tuan rumah bernama Amy, membuat kelas menjahit untuk membantu proyek LONA yang menciptakan peluang untuk menghubungkan wanita dengan pendidikan, sumber daya, dan kesempatan kerja. Tujuannya tak lain agar wanita dapat menghasilkan pendapatan sendiri.
 
Ada pula Vy dari Harlem yang mendirikan Mama Foundation for The Arts, sebuah  ruang budaya dengan misi menampilkan, melestarikan, dan mempromosikan sejarah dan fundamental musik gospel, jazz, dan R&B untuk generasi saat ini dan kedepannya. (f)

Baca Juga:
Rahasia Di Balik Tarif Murah Hotel Online
Sukses Bisnis Homestay, Ini Kiatnya!

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article