Liputan

Pentingnya Keyword Dalam E-Commerce

oleh Wanita Wirausaha Femina
Website merupakan salah satu unsur dalam e-commerce yang wajib dimiliki oleh para wirausaha. Namun website janganlah sekedar website sebagai halaman untuk berjualan, tetapi buatlah lebih dari itu dan dengan perencanaan yang matang.

Dalam workshop yang diadakan Femina, Eko Agus Prasetyo dan Arif Setyawan dari Indonesia Setara yang hadir sebagai pembicara mengatakan, saat ini keyword research atau kata kunci di sebuah search engine memiliki pengaruh yang kuat. Karenanya, akan banyak memiliki keuntungan jika produk jualan berada di halaman pertama search engine seperti google.

Untuk itu, para penjual wajib mengetahui kata kunci apa yang paling banyak digunakan dalam pencarian. Disini, Arif dan Eko pun tak segan untuk berbagi ilmu. Mereka mengatakan, melalui Google Keyword Tools, kita bisa mengetahui kata kunci yang paling banyak digunakan orang-orang untuk mencari sesuatu. 

Dari sini bisa dijadikan patokan bagi para penjual untuk memutuskan akan menggunakan kata kunci yang mana. Ini juga dapat sebagai cara untuk meniliti dalam menentukan pasar produk jualan. Namun disarankan oleh Arief, untuk menggunakan kata dengan tingkat kompetisi yang masih rendah. Ini bertujuan agar website produk kita muncul di halaman pertama search engine seperti Google.

Hal lain yang harus pula diingat adalah penggunaan sebuah istilah yang populer di kalangan masyarakat. Misal, jika ingin memsarkan produk kue kering gunakanlah istilah seperti kue toples atau kue lebaran.

Selain keyword, para penjual juga wajib memiliki sebuah wadah dimana para calon pembeli mendapatkan produk knowledge dengan mudah. Tidak perlu untuk membuat sebuah website resmi, para pemula dapat menggunakan sosial media Fanpage di social media Facebook sebagai pengganti website. Tidak hanya cocok untuk berbisnis, fanpage ini juga bisa digunakan untuk berjualan sekaligus berdiskusi dengan para pembeli yang ingin mengetahui lebih jauh tentang produk yang ditawarkan. Luangkan waktu agar fanpage lebih interaktif.

Tak lupa, Eko pun memberikan trik agar fanpage dan website bisa naik ranking. Menurutnya, para penjual bisa mendaftar di social bookmarking sites seperti stumbleupon.com atau reddit.com. Ini berguna untuk mendatangkan pengunjung yang nantinya akan melihat produk-produk jualan Anda.

Ayu Widya S

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article