SDM

5 Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

oleh Wanita Wirausaha Femina


Dok: @ellyot unsplas.com


Tahun ini pemerintah menetapkan libur Lebaran yang cukup panjang. Setelah acara silaturahmi bertemu sanak keluarga dan menikmati liburan untuk rehat sejenak dari aktivitas, kini saatnya Anda kembali pada aktivitas rutin. Maunya sih liburan terus, tapi bisnis harus kembali berjalan dan sebagai pemilik usaha Anda harus mengembalikan semangat kerja. Biar nggak kelamaan malas dan terbawa suasana liburan, berikut cara mengembalikan semangat bekerja. Bisa juga Anda tularkan pada karyawan.

1/ Datang Lebih Pagi
Setel alarm sepagi mungkin agar bisa memulai hari Anda lebih pagi. Semakin siang, biasanya makin malas beraktivitas apalagi keluar rumah, karena macet dan panasnya udara. Tiba di kantor di pagi hari akan membuat Anda lebih semangat untuk mengatur jadwal kerja harian maupun mingguan.

2/ Perlahan Tapi Pasti
Nggak perlu panik kalau banyak pekerjaan yang menumpuk setelah pulang liburan. Cobalah untuk mengerjakan pekerjaan secara perlahan—bukan berarti menundanya, ya. Pelan-pelan kumpulkan mood tapi tetap berikan target kerja untuk diri sendiri.

3/ Atur Waktu
Buat prioritas pekerjaan, dari yang urgent sampai yang tidak. Lalu, pilah-pilah lagi mana yang paling mudah dan sulit dari yang tugas-tugas urgent tersebut. Kerjakan yang termudah dulu dan lanjutkan dengan yang berat. Ini akan membuat kita lebih gampang fokus.

4/ Hindari Lembur
Cobalah untuk tidak lembur di hari pertama kerja. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin agar pekerjaan bisa selesai sebelum jam kerja selesai. Berikan motivasi untuk diri sendiri. Misalnya, pekerjaan harus beres pukul 5 agar bisa menonton DVD favorit di rumah.

5/ Berpikir Positif
Mengeluh bisa membuat pekerjaan terasa semakin berat. Maka cobalah untuk selalu berpikir positif dan optimis. Jika menemui kesulitan dalam tugas yang sedang dikerjakan, jangan ragu untuk minta bantuan kepada rekan kerja. (f)

Baca Juga: 
3 CARA KERJA PRODUKTIF ALA BOS TESLA ELON MUSK
DILEMA TETAP KERJA KANTORAN ATAU FOKUS BERBISNIS SAJA?

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article