SDM

Cara Menebak Karakter Orang Lewat Tulisan Tangannya

oleh Citra Narada Putri

Foto: Pixabay

Bukan hanya membuat fungsi otak meningkat tajam, ternyata dari tulisan tangan kita juga bisa tahu karakter seseorang.
 
Menurut Deborah Dewi, seorang pakar grafolog dan analis tulisan tangan, setiap orang memiliki pola yang berbeda-beda dalam menulis. Dari perbedaan pola tersebut, dapat ditebak karakter seseorang.
 
Setidaknya ada karakter pribadi seseorang dapat dilihat dari 3 perbedaan, yaitu layout, movement (gerakan) dan form (bentuk tulisan). Berikut penjelasannya :
 
1/ Layout
 
Susunan layout dalam menulis tangan menggambarkan bagaimana orang tersebut menempatkan dirinya di  lingkungan sekitarnya. Mulai dari kantor, sekolah hingga lingkungan tempat tinggal.
 
Jika layout-nya bersifat rapat atau dempet, maka orang tersebut memiliki kecenderungan yang mudah membaur dengan lingkungannya. Sedangkan jika layout tulisannya cenderung berjarak atau renggang maka dapat dikategorikan bersifat lebih suka menyendiri atau individualis.

2/ Movement (Pergerakan)
 
Movement (pergerakan) dalam sebuah tulisan adalah preferensi bagaimana hubungan sosial dan pola interaksi seseorang dengan orang lain. Apakah sosial atau antissosial.
 
Jenis movement dalam tulisan terbagi menjadi dua, yaitu statis atau dinamis. Statis dimaksudkan memiliki gerakan tulisan yang sama dari awal hingga akhir. Sedangkan sebuah tulisan dikatakan dinamis apabila gerakannya irregular.
 
Orang dengan gerakan tulisan yang statis, cenderung independen. Hal ini dapat dikaitkan dengan bagaimana cara orang tersebut bekerja dengan rekan kerjanya, yang mana ia tak masalah harus mengerjakan pekerjaan sendiri.
 
Sementara orang dengan jenis gerakan tulisan yang dinamis, memiliki kecenderungan pola interaksi yang lebih nyaman berkelompok. Dalam dunia kerja, ia lebih suka bekerja dengan cara group working, ia mudah beradaptasi dan mendelegasikan pekerjaan dengan rekan kerjanya yang lain.

3/ Form (Bentuk)
 
Bentuk tulisan seseorang menggambarkan dorongan internal, yaitu karakter seseorang yang terbentuk baik karena turunan genetis dari orang tua ataupun terbentuk karena pola asuh.
 
Sama halnya seperti movement, bentuk tulisan juga terbagi dua. Yaitu bentuk tulisan yang bulat dan tajam. Bentuk tulisan yang bulat cenderung berbentuk bulat atau bundar. Sedangkan tajam adalah ciri bentuk tulisan yang memiliki sudut lancip.
 
Untuk seseorang dengan bentuk tulisan yang bulat, memiliki karakter yang diplomatis, menginginkan hal yang nyaman dan cenderung menghindari konflik. Sedangkan tajam karakternya cenderung lebih ulet, gigih dan to the point dalam menyampaikan pendapat.
 
 
“Tapi, perlu diingat bahwa karakter tersebut tidak hanya dilihat dari satu indikator saja, tapi secara keseluruhan,” tutur wanita yang akrab dipanggil Debby tersebut mengingatkan. (f)
Baca Juga:
Ingin Membuat Karyawan Anda Lebih produktif? Simak 4 Cara Ini, Salah satunya Jangan Memberi Mereka Junkfood
Memaksimalkan Potensi Karyawan Gen Y Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article