SDM

Inilah 3 Cara Untuk Meningkatkan Kapasitas Karyawan

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pixabay

Ada hubungan langsung antara karyawan dengan keberhasilan suatu usaha. Karena itu, meningkatkan kapasitas karyawan sangat penting. Apalagi, karyawan masa kini cenderung menjadi inspirasi, apa yang membuat dia harus bertahan di sebuah perusahaan? Apakah karena nama perusahaan itu membanggakan atau gaji yang besar atau hal apa?
 
Salah satu yang membuat karyawan mau bertahan adalah karena dia merasa bisa mengasah kompetensi dirinya. Bahwa kualitas dirinya makin bagus. “Dengan demikian, memberikan pendidikan itu penting bagi karyawan,” ujar Lita Mucharom, konsultan SDM dari Langkah Mitra Selaras dalam buku Seri Kewirausahaan Femina: Ini Cara Bisnis Naik Kelas.
 
Lalu, training  apa saja yang harus diberikan kepada karyawan?
1/ Training attitude atau perilaku yang sesuai dengan profesinya. Misalnya, jika  dia seorang customer service, training-nya adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan, juga bagaimana menangani komplain yang diajukan pelanggan. Namun harus diakui, training ini termasuk yang jarang diberikan seorang pemilik usaha kepada karyawannya.
 
2/ Training mengenal produk. Dengan demikian, karyawan akan mengerti produk apa, sih, yang ia tawarkan, siapa pesaing-pesaingnya. Dengan pengetahuan produk yang baik, maka  tiap karyawan akan menjadi tim marketing yang baik.
 
3/ Training skill.
 
Lalu, bagaimana bila seorang pemilik usaha UKM belum mampu memberikan training untuk karyawannya? Karena, terus terang, biaya untuk training memang tidak murah. Kadangkala, bagi seorang wirausaha yang usahanya masih merangkak, kondisi keuangan belum mampu untuk menyekolahkan karyawannya ke lembaga atau instansi yang kompeten.
 
Bila Anda dalam kondisi ini, tipnya adalah: memberikan training sendiri untuk karyawan.
Tapi, itu artinya Anda harus benar-benar menguasai 3 jenis training tersebut. Bagaimana kalau ternyata si pengusaha tidak memiliki kapasitas itu?
 
Kalau tidak bisa sama sekali dan tidak mempunyai bujet untuk itu, maka rekrut karyawan yang memang sudah  mempunyai pengalaman, jadi kita tidak usah repot edukasi lagi.  Atau, ada cara lain yang lebih murah namun tetap memberikan manfaat besar, yaitu mengikutkan karyawan ke seminar-seminar atau workshop singkat tentang kewirausahaan yang biayanya bisa jauh lebih murah. (f)
 
 
 
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article