SDM

Lakukan 5 Langkah ini, Agar Wirausaha Bebas Stres

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pixabay


Tubuh mudah letih bahkan sering terserang penyakit. Meminum vitamin setiap hari bahkan tidak juga membantu. Jika hal tersebut kerap Anda alami mungkin Anda sedang mengalami stres. Tidur yang cukup dan mulai aktivitas sehat dengan berjalan ke kantor, memilih naik turun tangga, atau bersepeda di akhir minggu bisa mulai Anda lakukan untuk membuat tubuh kembali bugar.

Selain tingkat stres, gaya hidup dan faktor lingkungan, seperti makanan, minuman, pola tidur, dan kebiasaan olahraga memiliki dampak pada tubuh. Kesehatan dan kebugaran Anda dipengaruhi oleh seberapa baik Anda merawat diri sendiri. Lakukan lima langkah berikut ini agar tubuh Anda terbebas dari stres dan tubuh kembali bugar:

1/ Inhale - exhale
Untuk mengembalikan fokus, duduk di tempat yang nyaman, bernapas secara alami, dan berkonsentrasi pada napas untuk meredakan ketegangan. Hal ini bisa Anda lakukan di tengah-tengah kesibukan. Luangkan waktu 5 hingga 10 menit untuk beristirahat dan berkonsentrasi pada napas. Lakukan secara rutin.

2/ Hentikan kegiatan
Saat tubuh lelah dan beristirahat sejenak. Setelah selesai beraktivitas, sebaiknya tidak menunda waktu tidur Anda karena jam tidur paling berkualitas adalah malam hari sebelum pukul 12 malam. Tidur yang cukup, asupan makanan dan nutrisi yang baik, serta pikiran yang positif adalah kunci utama untuk mengurangi stres. Menurut National Health Information Center di Amerika, seseorang akan lebih jarang terluka secara fisik jika stamina dan energi positif Anda tetap terjaga. National Sleep Foundation juga mengatakan bahwa tidur selama tujuh sampai sembilan jam adalah durasi waktu yang pas untuk memaksimalkan kebugaran tubuh dan menekan tingkat stres, depresi, dan rasa khawatir berlebihan.

3/ Bangun lebih pagi
Setelah tidur lebih cepat dan mendapatkan tidur yang berkualitas, bangunlah lebih pagi untuk meditasi, jernihkan pikiran, dan menuju ke kantor tanpa terburu-buru. Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika bangun pagi. Bangun pagi membuat orang lebih bersemangat untuk olahraga dan menghirup udara segar. Tentu saja, ini membuat tubuh mereka lebih bugar dan sehat. Kebanyakan orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan membuat mental lebih sehat dan positif.

4/ Biasakan jalan kaki
Menuju ke tempat yang dekat dari kantor atau rumah Anda. Biasakan berlari selama minimal satu jam sehari karena bisa menurunkan berat badan dan melepas stres. Saat jalan kaki, hormon endorfin akan muncul. Hormon yang satu ini membuat mood terasa lebih baik serta dapat mengurangi rasa cemas dan depresi.

5/ Hit the gym!
Daftarkan diri Anda di gym terdekat. Ikuti kelas latihan yang ditawarkan seperti yoga, zumba atau TRX. Atau lakukan olahraga kardio selama lima menit, kemudian dilanjutkan dengan beberapa set latihan selama 25-35 menit yang berisi, squat to press, plank, back extension, menaikan kaki ke udara, dan bent over. (f)

Baca Juga: 
GERAKAN YOGA INI MANJUR HILANGKAN PEGAL SAAT ANDA BUSINESS TRIP?
PELATIHAN PERNAFASAN DAN MEDITASI UNTUK USIR KECEMASAN

 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article