SDM

Lakukan Ini Agar Tetap Produktif Di Masa Liburan Akhir Tahun

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pixabay

Begitu memasuki bulan Desember, suasananya memang suasana liburan. Tahun akan berganti, dan sepertinya semua orang merasakan ini waktu yang tepat untuk istirahat setelah ‘berlari’ sepanjang tahun. Belum lagi bagi yang merayakan Natal, Anda juga harus memikirkan kado-kado yang harus diberikan kepada sanak keluarga.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar di Holiday Season ini Anda tetap produktif dan fokus.

1/ Buat Daftar Pekerjaan
Menurut survei the American Psycological Association, 65 persen responden mengaku bahwa musim liburan mendatangkan stress karena merasa mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan banyak hal. Karena Anda tidak bisa menambah waktu menjadi 30 jam se hari, yang Anda lakukan adalah membuat to-do list.

Buatlah  jadwal harian dan review daftar yang harus Anda kerjakan berdasarkan prioritas.

Saat Anda tiba-tiba tergoda untuk belanja online atau membuat list belanja grocery saat hari kerja, pikir ulang bahwa Anda bisa melakukannya nanti saat hari libur. Namun, ketika Anda merasa bahwa dari semua daftar itu ada yang benar-benar tidak bisa dilakukan, coret dan buang saja dari daftar.

2/ Buat Dalam Durasi Pendek
Bikin alokasi waktu yang pendek-pendek untuk setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Misalnya per satu pekerjaan harus selesai dikerjakan dalam waktu 1 jam. Jangan lupa memasang timer saat mengerjakannya.

Ketika waktunya habis, ambillah waktu beberapa menit untuk istirahat, untuk kemudian mulai lagi mengerjakan pekerjaan berikutnya. Bekerja dalam waktu pendek-pendek ini memungkina Anda lebih produktif.

3/  Tegalah Untuk Bilang, Tidak
Menyatakan kesediaan mengambil satu lagi proyek akhir tahun atau mengiyakan hadir ke satu lagi undangan pesta akhir tahun, dua-duanya bisa menganggu perencanaan jadwal yang sudah Anda susun selama menghadapi liburan.

Karena itu, penting untuk benar-benar memilik acara mana atau aktivitas apa yang akan Anda datangi atau lakukan. Setelahnya, fokus dan berikan perhatian penuh pada acara tersebut.

4/ Bermimpi vs Menyiksa Diri
Menjelang tahun baru, banyak orang yang menyiksa diri dengan terus menerus memikirkan kegagalan atau menyesali hal-hal yang telah dilakukan selama setahun terakhir. Atau, ada juga yang justru sudah bermimpi akan pencapaian besar di tahun mendatang,
Kedua kebiasannya ini sebetulnya justra akan melambatkan ritme kerja Anda. Jadi, daripada terjebak dengan kebanyakan mikir dan mimpu, lebih baik fokus mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang tertulis dalam to-do list yang sudah dibuat. (f)

Baca Juga:
5 Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan
Ini Alasan Kenapa Liburan Ke Luar Negeri Pakai Kartu Debit Lebih Aman

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article