SDM

Menjalin Relasi Bisnis

oleh Gilang Gumilang
Foto: Foto Search

Para peneliti  mengungkap  bahwa orang yang sukses dalam bisnisnya  memiliki kemampuan untuk menjalin relasi dengan berbagai kalangan, bukan hanya segelintir orang.

       Karenanya, sedapat mungkin jagalah jarak yang sehat dengan clique clique atau gang di komunitas tertentu atau kantor tertentu. Luangkan waktu dengan semua kalangan. Ajaklah orang-orang baru dan berbeda untuk makan siang bersama atau menghabiskan waktu saat istirahat bersama. Karena tidak jarang masalah bisnis bisa ditemukan solusinya saat makan siang bersama atau saat ngobrol-ngobrol santai menjelang sore. Acara-acara seperti gathering juga bisa menjadi ajang sosialisasi, karena pembicaraan menjadi informal, santai, dan lebih pribadi. Situasi seperti itu dapat memperkuat ikatan atau koneksi interpersonal, dapat memunculkan kepercayaan dan kesempatan untuk menangkap dan mengatasi masalah secara dini,  sebelum masalah itu menjadi tidak terkendali.
       Berikut adalah langkah lainnya:
 

KENALI LEBIH JAUH
       Satu hal yang pasti dan tentu saja harus disadari bahwa ketika berbisnis Anda tidak bisa memilih rekan bisnis. Jadi mungkin saja ada orang-orang yang Anda merasa lebih ‘klik’, dan ada pula rekan bisnis yang dirasa kurang ‘nyambung’.
       Namun atas nama profesionalitas, Anda tetap perlu menjalin relasi dengan orang-orang yang masuk kategori ‘kurang kita sukai’ setidaknya agar Anda tetap dapat bekerjasama. Mengenal rekan bisnis secara pribadi dapat menolong Anda untuk lebih memahami sudut pandang dan kepribadian seseorang.
 

MEMBUKA DIRI 
       Membuka diri juga merupakan salah satu cara agar orang dapat merasa lebih dekat dengan Anda. Tetapi ingat, dalam pergaulan profesional, Anda tidak boleh membeberkan habis-habisan kehidupan pribadi. Batasan pergaulan dalam bisnis lebih ketat dibandingkan dengan batasan pergaulan di lingkungan lain (kantor atau komunitas tertentu). Jangan pula terlalu nyaman hingga melontarkan candaan yang berpotensi menyinggung orang-orang tertentu

JANGAN ‘BOCOR’
       Selain itu hindari membicarakan orang lain atau bergosip, terutama mengenai rekan bisnis yang lain. Gosip bisa berkembang dan bisa mempengaruhi reputasi seseorang meski mungkin ada benarnya. Ingat, bahwa Anda pun tidak luput sebagai objek pengamatan dan pembicaraan orang, jadi jangan sampai hal-hal pribadi yang Anda ungkapkan pada akhirnya dapat menjatuhkan Anda.
 

JAGA SIKAP
       Sekalipun merasa sudah nyaman dengan rekan bisnis namun Anda tetap perlu menjaga perilaku. Ingat, hal-hal pribadi biasanya turut dijadikan pertimbangan dalam berbisnis.
 

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article