SDM

Negosiasi, Ilmu Bisnis yang Harus Anda Kuasai

oleh Gilang Gumilang
Foto: Foto Search

Banyak pebisnis memiliki produk atau jasa yang hebat, namun kemudian ia tidak mampu memaksimalkan harga dari produk atau jasanya itu dan merasa menyesal telah melakukan transaksi.

Kekalahannya ada pada saat negosiasi. Kebanyakan pebisnis ‘tua’ justru memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Barangkali karena mereka telah memiliki jam terbang yang tinggi. Biasanya mereka melakukan trik ini, membicarakan barang atau jasa Anda  ke dalam satu isu saja.
Misalnya, Anda ingin menjual manisan mangga dengan cita rasa luar biasa enak. Mereka akan mencoba menekan harga dengan mengatakan bahwa mereka tidak peduli manisan itu dibuat oleh siapa, dari mana asalnya, yang penting mereka bisa membelinya sekian puluh ton dengan harga tertentu. Atau, kesepakatan menjadi deadlock.

Hal ini tentu membuat Anda dalam posisi terjepit. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan? Beri tahu isu-isu lain soal pengiriman, persyaratan, pengepakan, dan sebagainya sehingga Anda bisa menggunakan hal-hal tersebut sebagai trade-off dan mengaburkan anggapan bahwa negosiasi tersebut adalah negosiasi satu isu saja. Jadi, jangan pernah mempersempit negosiasi pada satu isu saja, namun tambahkan elemen-elemen lainnya.

Lalu, biasanya kita terlalu fokus pada harga. Kita merasa bahwa pembeli kita hanya melihat sisi harga, padahal tentunya juga mereka melihat kualitas produk atau jasa Anda.  Yakinkan mereka soal hal ini. Yakinkan mereka bahwa Anda memiliki orang-orang yang kredibel dan kompeten. Yakinkan mereka bahwa Anda sangat siap untuk memberikan service yang baik pada mereka. Jadi, isu harga hanya salah satu isu saja.

Sumber: Buku Seni Negoisasi, Roger Dawson.

 

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article