SDM

Rahasia Menjadi Pengusaha Kaya

oleh Wanita Wirausaha Femina
 
Dalam tiga dekade terakhir, perempuan dengan pendapatan tinggi telah melonjak hampir 30 persen.
Bahkan, para ahli percaya pada tahun 2018, perempuan akan mengontrol setengah kekayaan di Amerika Serikat.
Ingin bergabung dalam daftar perempuan kaya ini? Baca artikel berikut.

Punya tabungan dengan nol berderet-deret di rekening mestinya merupakan salah satu bagian dalam daftar harapan Anda. Masalahnya, hanya sedikit dari kita yang tahu cara meningkatkan penghasilan dari bisnis Anda.
            Itulah sebabnya, lebih dari tiga tahun ini saya mewawancara lebih dari 100 orang, terdiri dari para jutawan dan beragam ahli keuangan, hanya untuk mencari tahu cara seseorang bisa sangat sukses dan kaya.
Jawabannya, karena hampir semua perempuan melakukan empat strategi berikut ini:
 
Perempuan Kaya Selalu Punya Visi
Memiliki tujuan bisa membantu Anda fokus kepada tujuan dan memandu melewati masa-masa sulit. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah visi berupa gambaran rinci tentang kesuksesan yang diinginkan dari hasil kerja keras Anda. Visi mengingatkan Anda akan maksud dari tujuan Anda, ucap Richard Sheridan, penulis Joy,Inc. “Bayangkan suatu hari dalam beberapa tahun ke depan dan pikirkan bentuk kesuksesan yang Anda inginkan, pikirkan serinci mungkin, kemudian tuliskan,” ucap Richard.
Termasuk poin seperti jangka waktu yang dibutuhkan untuk dihabiskan bersama keluarga dan jenis orang yang ingin diajak bekerja sama dalam bisnis. Ketika Anda sedang bimbang, kembalilah pada visi Anda. Ini akan menolong Anda berada tetap di jalur yang telah ditentukan sebelumnya.
 
Mereka Hanya Membuat Rencana Jangka Pendek
Merancang strategi tahap demi tahap untuk meluncurkan bisnis sendiri atau pensiun di usia 50 tampak cerdas, tetapi ini bisa jadi bumerang pula. “Sekali saja sesuatu yang tidak diduga terjadi dan tidak ada dalam perencanan, maka Anda perlu memikirkan ulang langkah berikutnya,” ucap Leonard Schelesinger, penulis Just Start.
            Sebaliknya, langkah - langkah kecil tapi pasti justru bisa mendekatkan pada impian Anda, seperti melunasi pinjaman studi atau mengambil kelas bisnis di kampus lokal. Tujuan-tujuan jangka pendek yang lebih mudah tercapai seperti inilah yang bisa memacu Anda mengambil tindakan, meningkatkan rasa percaya diri, dan menggiring Anda menuju langkah selanjutnya dari perjalanan Anda, kata Leonard. “Agar tetap fokus, saya berpikir mengenai hal yang bisa saya capai dalam 30 hari ke depan,” ucap Amy Applebaum, pelatih bisnis internasional (menjadi jutawan atas usaha sendiri!).
 
Jaringan Pertemanan Meningkatkan Pendapatan
Anda tidak bisa menetapkan harga untuk aset yang paling berharga, yaitu jaringan pertemanan. Menurut Applebaum, 73 persen pengusaha menyatakan kesuksesan mereka tidak lepas dari jaringan pertemanan yang dimiliki.
            Jaringan penting yang harus Anda miliki sebaiknya termasuk pula seorang mentor, penasihat tingkat tinggi yang bisa mendorong Anda untuk keluar dari zona nyaman dan mengenalkan pada dunia bisnis. Siapa yang tepat untuk saya? Coba saja buat daftar 10 orang yang ingin Anda ajak kerjasama. Kemudian ajak mereka ngobrol. Tidak perlu meminta secara formal kepada mereka untuk membimbing Anda karena hubungan yang baik tumbuh secara alami, jauh dari embel-embel kepentingan jabatan.  Selanjutnya, buatlah atau bentuk mastermind group terdiri dari empat hingga tujuh orang yang bertemu secara rutin untuk memberikan dukungan, balasan dan menyediakan akuntabilitas. Perluas juga jaringan pertemanan Anda (pikirkan koneksi kedua dan ketiga di LinkedIn) dan rekan-rekan perusahaan yang belum Anda kenal.
 
Mereka Mengatasi Ketakutan
Mengubah karir atau memutuskan untuk menginvestasikan uang sebesar satu miliar, adalah keputusan yang sama-sama menimbulkan kecemasan. Setiap orang pasti akan merasa khawatir akankah keputusan tersebut benar. Akan tetapi, Anda harus tetap mengambil keputusan walaupun sulit, ucap Carissa Reininger,  yang keluar dari pekerjaan saat berusia 22 tahun dan mendirikan Silver Lining Ltd, perusahan konsultasi usaha kecil dan kemudian memperoleh penghasilan 1 juta dolar dalam satu tahun.
            Kenyataannya adalah, kegagalan kerap membawa kepada kesuksesan. “Aksi adalah satu-satunya cara menghadapi ketakutan tersebut,” ucap Carissa. “Mulailah, buat beberapa kesalahan dan belajar dari kegagalan”.
 
Hitung Seluruh Harta
Tidak selamanya uang Anda harus berada di rekening. Memahami harta Anda, seperti nilai aset (termasuk keseimbangan rekening, investasi, harga rumah, simpanan pensiun, dan properti pribadi) dikurangi pembayaran wajib Anda (hipotek, utang, dan tunggakan lain) merupakan cara terbaik untuk mengukur dan menghitung kestabilan ekonomi.

 

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article