SDM

Anda Narsis? Sukses Mudah Anda Raih

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pixabay

Dalam hal kepribadian dikenal dark triad personality yaitu narsistik, machiavellianis dan psikopat. Machiavellianis adalah kepribadian yang cenderung manipulatif dan suka mengeksploitasi orang lain. Psikopat adalah kepribadian yang impulsif dan menyukai hal-hal menantang dan memiliki empati yang redah. Sedangkan narsistik cenderung senang perhatian dan, pemujaan. Ketiga kepribadian ini lebih banyak dinilai negatif.

Umumnya, orang tidak menyukai bergaul dengan orang yang narsis karena ego mereka sangat berlebihan. Orang dengan kepribadian narsisitik juga cenderung memandang rendah orang lain. Perasaan superior memang membuat mereka tidak menyenangkan, namun ternyata sifat yang menjengkelkan itu bisa menjadi kunci sukses.

Menurut psikolog Kostas Papageorgiou dari Queen’s University Belfas, berdasarkan penelitiannya menemukan fakta bahwa orang dengan kepribadian narsistik banyak yang sukses dalam kehidupan sosial, tidak takut penolakan, charming dan memiliki motivasi yang tinggi. Papageorgiou menyebut, orang narsis memiliki mental toughness yang membuat mereka tidak gampang nyerah.

“Jika Anda narsis, Anda akan sangat percaya diri bahwa Anda lebih baik dari orang lain dan layak mendapatkan reward,” kata Papageorgiou.

Penelitian ini dilakukan Papageorgiou dengan tim dari Goldsmiths, the University of London, King's College London, University of Texas at Austin dan Manchester Metropolitan University. Mereka memelajari 300 orang muda dengan kepribadian narsistik yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Hasilnya, mereka ternyata memiliki nilai ujian yang lebih tinggi dari perkiraan berdasarkan kemampuan dan nilai IQ mereka.

Orang narsisitik juga resilient (gampang kembali membaik saat menghadapi situasi yang sulit) dan memiliki determinasi yang tinggi. Mereka memang tidak selalu paling pintar, namun rasa percaya diri membuat mereka bisa menghasilkan nilai ujian yang lebih baik dari yang lain.

“Meski sering membuat orang lain muak, namun karisma yang dimiliki orang narsisitik juga menarik perhatian orang di sekitar mereka,” ujar Papageorgiou kepada BBC.

Dalam hal perjalanan karier, dark triad personalities juga memiliki bidang-bidang tertentu yang cocok dengan kepribadian mereka. Sebagai contoh, psikopat menyukai bidang sales atau menjadi dokter bedah. Banyak CEO sukses juga orang dengan tipe kepribadian dark ini. Hal ini karena mereka bisa berkepala dingin dalam menghadapi tekanan masalah dan memiliki semangat untuk segera membaik dari kekacauan.

Memang, orang dengan kepribadian dark triad bisa menimbulkan chaos di lingkungan sekitarnya karena mereka memang cenderung lebih mudah beradaptasi dengan kekacauan ketimbang yang lain. Mereka juga bisa berdamai dan bangkit dari situasi yang menekan. Karena itulah, Papageorgiou mengatakan bahwa sebaiknya kepribadian tidak dikategorikan ini baik dan ini buruk. “Karena, kepribadian merupakan ekspresi alamiah manusia,” katanya. (f)

(artikel ini disadur dari Business Insider)

Baca Juga:
Mengelola SDM
Sifat Ibu-Ibu Yang Begini Adalah Kunci Sukses Jadi Pebisnis

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article