SDM

Tip Sukses Bersosialisasi Untuk Si Introvert

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pexels

Jika Anda termasuk orang yang privat (maksudnya, agak-agak antisosial), Anda tahu pasti bahwa berada di sebuah pesta atau acara sosialisasi adalah derita tersendiri. Tanpa ragu-ragu, Anda akan lebih memilih pulang dan membaca buku atau menyesap teh hangat di kamar.
 
Suka atau tidak, bersosialisasi adalah hal penting, terutama bila Anda memutuskan menjadi wirausaha. Karena itu, Anda tidak lagi bisa menghindar.
 
Bicara memang jauh lebih mudah.  Tapi, tidak ada hal yang tidak mungkin, dan hanya perlu niat dan keberanian Anda untuk meninggalkan zona nyaman. Berikut ini tipnya:
 
1/ Paksa Untuk ‘Keluar’ Meski Anda Tidak Ingin
Bagi seorang introvert, memang sangat menggiurkan untuk menolak semua undangan ke luar rumah atau sosialisasi. Dan tentu saja hal ini boleh-boleh saja Anda lakukan. Tapi, bukan sesuatu yang baik untuk menjadi ‘terpencil’, terutama jika Anda melakukannya dengan alasan tidak nyaman.
 
Ada yang mengatakan, obat bagi orang yang merasa menderita akan satu hal adalah ia harus terus menerus mengulangi hal tersebut sehingga pada akhirnya ia akan kebal. Karena itu, datanglah ke undangan yang Anda terima. Merasa tidak nyaman? Ulangi lagi dan pergi ke undangan berikut yang Anda terima.
 
2/ Siapkan Amunisi
Sebelum menghairi suatu acara, siapkan diri Anda bahan percakapan apapun topiknya, bisa tentang berita terkini, buku terbaru, film, atau apapun yang memungkinkan Anda memiliki bahan untuk ebrcakap-cakap.
 
3/ Bikin Target
Mungkin terkesan receh, tapi member diri target akan membuat Anda tergerak untuk mencapai target tersebut. Apakah Anda pergi ke acara networking untuk bisnis? Maka target harus And apasang untuk kenal setidaknya satu atau dua orang yang memungkinkan untuk kolaborasi. Setelah mencapainya, baru boleh pulang.
 
4/ Pastikan Energi Anda Sedang Penuh
Sosialisasi memang melelahkan. Apalagi bagi orang-orang introvert, memulai percakapan saja membutuhkan keberanian yang bisa menyedot energi. Karena itu, saat datang ke sbuah acara, pastikan kondisi Anda sedang dalam semangat dan kondisi tubuh yang baik. Dan jangan lupa, saat berada di acara tersebut, pastikan Anda menyingkir sejenak, untuk menyerap energy baru, untuk kemudian kembali ke ‘medan laga’.
 
Pakailah A Statement Piece
Masih kesulitan untuk memulai pembicaraan? Gunakan busana dan aksesori Anda untuk menarik perhatian. Misalnya, kenakan gelang atau kalung yang bold yang membuat orang lain tergerak melihat dan membicarakannya. Dan Anda bisa juga menggunakan rumus ini untuk orang lain, secara kasual puji dan komentari secara positif busana atau aksesori orang lain. Setelah itu, Anda dan dia akan bisa mengobrol banyak hal.

Ikuti Teman
Tidak ada salahnya Anda meminta bantuan teman terdekat yang jago sosialisasi untuk memimpin Anda ke kelompok orang yang lain. Biarkan teman Anda memulai percakapan dengan seseorang yang tidak Anda kenal, lalu mengajak dan menyertakan Anda dalam percakapan tersebut. (f)

Baca Juga:
Apakah Introvert Bisa Sukses Menjadi Entrepreneur?

 
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article