Ilmu Bisnis UKM

Nike Kurnia Percayakan Pemasaran Nasi Bagoes Lewat Media Sosial

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Dok. Pribadi



Terinspirasi dari kebiasaan masyarakat zaman dulu yang gemar mengirimkan paket makanan kepada kerabat dengan menggunakan rantang, Nike Kurnia bersama sang suami, Chef Degan mengembangkan Nasi Bagoes, usaha kuliner dengan konsep katering pada akhir tahun 2016 lalu.
 
Konsep rantang inilah yang kemudian membuat tampilan makanan hantaran dari Nasi Bagoes unik. Soal menu, Nasi Bagoes mengedepankan kekuatan ragam cita rasa Indonesia yang terbukti mampu mengambil hati pecinta kuliner Indonesia.
 
Dalam operasional, Nasi Bagoes didukung oleh tim dapur yang telah bekerja sama selama bertahun-tahun. Didukung pula oleh tim pengantar dan kendaraan yang memadai agar pesanan sampai kepada konsumen dengan baik dan tepat waktu.
 
Terkait kondisi usaha di tengah pandemi global COVID-19, Nike menuturkan bahwa tidak terlalu banyak perubahan. Permintaan selalu ada. Sebab Nasi Bagoes memang menerapkan pemesanan secara daring.
 
“Soal menu tidak banyak perubahan, hanya saja ada beberapa permintaan menu dengan less oil,” kata Nike dalam acara virtual talk dengan tema Last Minute Shopping yang disiarkan secara Live di Facebook Pages Wanita Wirausaha Femina pada Senin, 18 Mei 2020 lalu.
 
Sementara kebersihan dapur dan diri pekerja menjadi hal yang utama. Ini sudah menjadi standar Nasi Bagoes sejak berdiri. Nike menuturkan, setiap hari, ia memastikan bahwa pekerja dalam keadaan fit. Pakaian dan peralatan kerja pun harus selalu dipastikan dalam keadaan bersih. “Chef Degan yang menjadi ‘polisi’ untuk selalu memastikan personal grooming dan hygiene,” katanya.
 
Seperti halnya sebelum COVID-19, soal pemasaran, Nike mengatakan bahwa ia mengandalkan pemasaran melalui mulut-ke-mulut dan memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Sejak tahun 2017, Nasi Bagoes memang sudah memiliki Facebook Page.
 
Nike mengungkapkan bahwa Facebook sangat memudahkan dalam pemasaran. Penjadwalan konten serta insight merupakan fitur yang kerap digunakan oleh tim Nasi Bagoes.  
 
Hal lain yang disukai Nike pada Facebook adalah Facebook Ads. Selain murah, bisa juga memilih pemirsa materi promo yang diiklankan secara spesifik, dan durasi sesuai dengan keinginan.
 
“Berdasarkan pengalaman, mengiklankan produk dengan Facebook Ads sangat efektif. Kami bisa memilih pemirsa sesuai dengan segment pasar Nasi Bagoes,” katanya.  
 
Untuk diketahui, Facebook Live Last Minute Shopping merupakan program perdana kerjasama wanita wirausaha femina dengan Facebook #SheMeans Business untuk meningkatkan skill wanita wirausaha dalam memasarkan produk secara digital. (f)

Baca Juga:

Tip Wirausaha: Tambah Variasi Produk untuk Menyelamatkan ‘Cashflow’ Usaha

Semakin Mudah, Pembeli Bisa Pesan Makanan Lewat Instagram Stories

Dukung Pebisnis Atasi Dampak Pandemi COVID19, Instagram Luncurkan Fitur dan Pelatihan Gratis untuk UMKM

 

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article