Keuangan

3 Sumber Dana untuk Bisnis Bermodal Minim

oleh Wiko Rahardjo
Menyiasati keterbatasan modal untuk memulai bisnis. #BisnisTanpaModal

Modal seringkali menjadi penghalang orang dalam memulai bisnis. Tak jarang kita sering mendengar orang berkata “Wah, saya enggak punya modal”. Sebenarnya itu bukanlah alasan yang sebenarnya. Karena hal yang paling membuat orang enggan memulai bisnis adalah keragu-raguan dalam melakukan tindakan.

Menurut Hengky Eko—disapa Cak Eko—dalam bukunya Resep Paling Manjur Menjadi Karyawan Kaya Raya, untuk memulai bisnis seharusnya tidak menjadikan modal sebagai segalanya.  Keterbatasan modal, menurut Cak Eko, bukan menjadi penghalang untuk memulai bisnis. “Karena pada dasarnya, modal itu tidak harus berupa uang,” tulisnya.

Ada hal-hal lain yang menurutnya bisa menjadi modal untuk memulai bisnis. Antara lain;
Keterampilan atau keahlian. Raditya Dika dan Adhitya Mulya, adalah contoh pebisnis sukses yang mampu menggunakan keahlian dalam menulis sebagai ladang bisnis yang sukses. Jadi, coba gali lagi passion Anda dalam suatu bidang. Ingat ungkapan “dari hobi jadi bisnis”.

Relasi. Ada pepatah mengatakan ‘silaturahmi membuka jalan’. Beberapa komunitas bisnis, seperti Wanita Wirausaha Femina percaya jika networking membuka peluang bisnis lebih besar. Coba buat daftar beberapa rekan yang selama ini telah lama tidak Anda kunjungi. Bergabunglah dengan beberapa komunitas bisnis. Anda akan menemukan peluang yang selama ini tidak Anda duga.

Persaudaraan. Ada memiliki ide besar membangun bisnis baru. Di antara keluarga Anda, mungkin ada yang memiliki uang besar untuk diinvestasikan dalam bisnis namun tidak memiliki ide bisnis. Harusnya bisa menjadi orang terdekat yang bisa Anda kerjasama dalam membangun bisnis. Cermati hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis bersama keluarga. Terutama dalam hal bagi hasil.

Jadi, tidak ada lagi 'tak punya modal' dalam membangun bisnis, bukan?
Wiko Rahardjo
 
 
 
 

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article