Keuangan

5 Tip Cerdas Berinvestasi Properti

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pixabay

Sebagai pebisnis, Anda perlu memutar keuntungan yang didapat agar bisnis bisa terus berkembang. Salah satu caranya adalah dengan menginvestasikan uang Anda pada sektor-sektor yang menguntungkan seperti properti.

Seorang investor properti sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan properti yag akan dibeli. Riset sederhana diperlukan untuk memahami faktor utama dalam pembelian  dan memastikan harga perolehan properti sesuai dengan harga pasaran.

Kuncinya, saat membeli properti jangan gegabah, perlu kesabaran ekstra. Meskipun Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam melihat daftar properti, pada akhirnya Anda tetap membutuhkan panduan.

Berikut ini 5 tip cerdas dalam menentukan investasi properti yang benar diambil dari rilis The Stature, apartemen mewah di kawasan Kebon Sirih, Jakarta.

1/ Tentukan Lokasi
Faktor utama yang mempengaruhi permintaan dan nilai properti adalah lokasi. Lokasi properti harus dapat memberikan kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan.

2/ Cari Tahu Reputasi Pengembang
Pengembang ternama akan menjaga reputasi dan kepercayaan konsumen dengan menyerahkan properti tepat waktu dan sesuai dengan kualitas yang di janjikan. Cari pengembang yang konsisten memberikan kualitas terbaik dalam memasarkan produk propertinya.

3/ Fasilitas Lengkap
Properti yang baik harus dapat menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung gaya hidup dan kesejahteraan penghuninya. Faktor lain yang yang perlu Anda dan keluarga pertimbangkan adalah kehadiran privasi, ketenangan dan keamanan. Fasilitas yang banyak dicari pembeli apartemen antara lain dual private lift, ruang hijau yang luas, area komersial yang terintegrasi, tempat bermain anak dan fasilitas olahraga lainnya.

4/ Tentukan waktu terbaik untuk berinvestasi
Berinvestasi properti adalah mengenai peningkatan nilai aset. Di Indonesia, nilai properti cenderung terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Inilah alasan mengapa membeli properti di waktu yang tepat sangat penting. Melakukan analisa dan prediksi demand dan supply pasar akan membantu Anda mendapatkan  properti yang terbaik untuk diinvestasikan.

5/ Mengamati Secara Jangka Panjang dan Kelola Resiko
Real estate adalah investasi yang memerlukan modal besar, memberikan peluang untuk mendapatkan pendapatan berulang (recurring income) serta peningkatan nilai aset (capital gains). Namun, real estat bergerak dalam siklus. Carilah peluang untuk membeli pada saat siklus turun untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Amati perkembangan real estat secara jangka panjang, mengingat ketersediaan lahan di Jakarta Pusat semakin terbatas. (f)

Baca Juga: 
PANDUAN SEBELUM BERINVESTASI
REKSADANA UNTUK INVESTASI
KARYAWAN = INVESTASI?



 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article