Keuangan

Cash Flow Sederhana untuk Bisnis Kecil

oleh Wanita Wirausaha Femina
Memiliki bisnis kecil namun tidak juga menunjukan tanda-tanda akan berkembang menjadi besar Yang terlihat malah semakin hari semakin merugi. Mungkin karena cash flow keuangan yang buruk.

Saat menjalankan bisnis kecil, biasanya orang akan fokus pada bagaimana mendapatkan keuntungan yang besar. Mereka lalu sibuk melakukan promosi dan menentukan strategi pemasaran hingga seringkali lupa pada masalah mendasar yang harus dikuatkan dalam bisnis. Yaitu manajemen keuangan.

Dikutip dari Kampung Wirausaha, berikut aturan manajemen cash flow keuangan untuk usaha menengah dan kecil.

Beli barang secara tunai lalu beli dengan tunai juga. Maksudnya adalah Anda membeli barang dari supplier Anda secara tunai lalu Anda pun menjualnya kembali dengan pembayaran tunai dari pembeli. Hal ini untuk menjaga uang kas Anda berada pada angka stabil.

Beli barang dengan pembayaran sistem tempo lalu jual dengan tunai. Beberapa supplier biasanya memberikan batas waktu pembayaran untuk para distributornya. Jika Anda bisa memeroleh sistem ini tentunya akan sangat menguntungkan. Anda bisa menggunakan uang tunai pembayaran dari pembeli untuk membayar kepada supplier.
 
Beli barang dengan tempo panjang , lalu jual dengan tunai atau tempo lebih singkat. Misal Anda mendapatkan tempo dari supplier untuk produk yang Anda jual adalah satu bulan, maka jika Anda memperbolehkan pembeli membeli produk dari Anda dengan sistem utang pula, berikan batas waktu pembayaran kurang dari satu bulan. Misal satu minggu.
 
Selamat menjalankan cash flow sederhana ini dan tetap sukses!

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article