Keuangan

Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Modal untuk Usaha Cepat Terkumpul

oleh Citra Narada Putri

Dok. Unsplash/ Michael Longmire

Sebagai calon pengusaha, kita sudah harus mengetahui jenis usaha dan modal yang dibutuhkan. Jika modalnya berasal dari diri sendiri, minimal lakukan hal berikut agar modal cepat terkumpul.

Pembagian modal
Cobalah bagi modal bisnis menjadi dua bagian, yaitu modal kerja dan modal investasi. Modal kerja digunakan untuk membiayai kebutuhan jangka pendek seperti biaya operasional, pembelian bahan produksi, persediaan barang yang akan dijual, sewa tempat, dan gaji karyawan. Sedangkan modal investasi digunakan untuk jangka panjang (lebih dari satu tahun) dan bisa digunakan berulang kali, seperti pembelian peralatan usaha dan kendaraan.

Alokasi
Minimal alokasikan 10-15% dari penghasilan bulanan untuk memenuhi target jumlah modal usaha yang Anda sudah tentukan di awal. Anda bisa mempercepat pencapaian target modal tersebut dengan memanfaatkan uang THR atau bonus yang diterima dari tempat Anda bekerja.

Pilih produk investasi
Jika mengumpulkan modal usaha melalui keuntungan investasi, sesuaikan produk investasi dengan jangka waktu yang pas. Contoh, untuk modal usaha yang digunakan dalam 1-2 tahun lagi, pilih produk deposito dan reksadana pasar uang. Sedangkan jika ingin modal usaha yang digunakan 5 tahun mendatang, coba pilih berinvestasi di saham.

Pinjaman dari kantor
Gunakan fasilitas pinjaman lunak dari kantor jika modal terkumpul tapi tenggat waktunya mepet. Ini menjadi cara yang paling mudah ditempuh karena pinjaman ini bunganya sangat rendang dibandingkan bunga bank. Bahkan beberapa kantor menetapkan pinjaman tanpa dikenakan bunga.

Pengaruh inflasi
Pertimbangkan tingkat inflasi dalam mengumpulkan modal, terutama jika usaha tersebut baru didirikan 2-3 tahun lagi. Misalnya, modal yang dibutuhkan Rp 50 juta, dengan tingkat inflasi sebesar 10%, maka dalam tiga tahun lagi nilainya menjadi Rp 66, 55 juta. Berarti dalam sebulan kita harus menyisihkan dana Rp 1,8 juta. (f)

Baca Juga :
CARA PRAKTIS MENGUMPULKAN MODAL UNTUK MEMULAI BISNIS
HANYA PUNYA MODAL MINIM? JANGAN TAKUT MEMULAI BISNIS
UANG PINJAMAN SEBAGAI MODAL USAHA? MENGAPA TIDAK

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article