Keuangan

Pilih yang Besar atau Kecil?

oleh Wiko Rahardjo
Tak ada salahnya Anda memiliki kartu kredit. Jika bisa digunakan dengan benar, kartu kredit akan banyak memberikan manfaat untuk Anda. Misal, digunakan untuk membeli produk-produk dengan harga murah atau menawarkan diskon tinggi.

Yang harus diingat, memiliki kartu kredit berarti Anda memiliki utang yang harus dibayar. Karena itu, Anda juga harus pintar-pintar memilih produk kartu kredit dan jumlah limit yang diinginkan.  
 
Cermati dengan baik tip dari Ligwina Hananto, perencana keuangan, berikut.
  • Sadarilah, berapa pun limit yang tertera, itu bukanlah limit yang Anda miliki sesungguhnya. Jika limit yang tertera sebesar Rp10 juta, namun dana di tabungan hanya Rp2 juta, maka limit Anda sebenarnya hanya Rp2 juta. Artinya, Anda tak memiliki kemampuan untuk membayar lebih dari itu. Pertama kali memiliki kartu kredit, sebaiknya jangan mengajukan limit yang terlalu besar, agar Anda bisa mempelajari dulu penggunaan dan pengendalian kartu kredit.
  • Jika nanti Anda merencanakan untuk menaikkan limitnya, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam melunasinya. Karena, penggunaan kartu kredit tergantung pada kebiasaan hidup Anda.
Wiko Rahardjo

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article